Benarkah Kafein Dapat Bantu Hilangkan Kantong Mata???

205

Kantong mata merupakan gangguan kulit yang sering ditemukan, yang membuat penderitanya merasa sangat frustasi karena dianggap sangat mengganggu penampilan. Kantong mata sendiri sebenarnya terbentuk akibat penumpukkan cairan di bawah kulit, yang terutama terlihat di bagian bawah mata karena kulit di daerah tersebut memang lebih tipis.

Selain itu, terbentuknya lingkaran hitam di bagian bawah mata juga dapat membuat daerah tersebut tampak membengkak. Untungnya, ada beberapa zat seperti kafein yang dapat membantu mengatasi kantong mata yang sangat mengganggu penampilan tersebut.

 

Kafein Topikal

Bila dioleskan secara langsung pada kulit, kafein dapat membantu mengurangi pembengkakan pada daerah kantong mata. Hal inilah yang membuat kafein sering ditemukan pada berbagai produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi pembengkakan pada mata.

Bagaimana cara kafein mengatasi kantong mata? Kafein akan menyebabkan pembuluh darah di bagian bawah kulit mengecil sehingga membuat pembengkakan di bagian bawah mata berkurang.

Selain dapat membantu mengatasi kantong mata, penggunaan kafein topikal diduga juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan kanker akibat sinar matahari dengan menghambat radiasi UVB pada kulit. Paparan sinar matahari pada bagian bawah mata dapat menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam di bagian bawah mata.

Jadi, mengkompres mata Anda dengan menggunakan teh hitam celup yang telah direndam di dalam air es dapat membantu mengatasi kantong mata sekaligus lingkaran hitam pada mata Anda.

 

Kafein Dalam Minuman

Mengkonsumsi berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh juga dapat membantu mengatasi kantong mata dengan mengeluarkan cairan yang tertumpuk di bawah kulit mata.

Selain itu, mengkonsumsi minuman berkafein juga dapat memberikan efek tabir surya sama seperti bila Anda mengoleskan krim yang mengandung kafein secara langsung pada permukaan kulit.

Manfaat Lain dari Kafein

Selain dapat membantu membuat Anda tampak lebih cantik, kafein ternyata juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya demensia (pikun) dan penyakit Alzheimer. Dengan mengkonsumsi kafein secara teratur di usia paruh baya, maka Anda pun akan memiliki resiko yang lebih rendah untuk menderita demensia maupun penyakit Alzheimer. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh fungsi kafein sebagai antioksidan dan efeknya terhadap sensitivitas insulin.

Selain itu, mengkonsumsi minuman berkafein juga dapat menurunkan resiko terjadinya berbagai jenis kanker selain dari kanker kulit, termasuk kanker payudara, kanker kandung kemih, kanker pankreas, kanker rahim, kanker prostat, kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker pipi, kanker pita suara, dan kanker hati.

Secara keseluruhan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 1 gelas kopi setiap hari, maka Anda menurunkan resiko terjadinya kanker hingga 3%.

 

Selain menggunakan krim yang mengandung kafein, terdapat beberapa cara lain untuk mencegah terbentuknya kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Beberapa cara lain tersebut adalah:

  • Selalu gunakan tabir surya saat berada di luar ruangan
  • Hindari paparan langsung sinar matahari
  • Hindari makanan asin
  • Hindari minuman beralkohol
  • Gunakan bantal saat tidur sehingga posisi kepala Anda lebih tinggi daripada badan Anda
  • Obat alergi atau gangguan sinus yang Anda derita

Sumber: livestrong