Benarkah Pertolongan Pertama Luka Bakar adalah Diolesi Odol?

131

Pernah terkena siraman minyak saat memasak atau terkena knalpot yang masih panas? Pasti rasanya perih sekali, sehingga kita mencari cara supaya luka tadi cepat-cepat dingin. Mitos yang berkembang, gunakan odol segera pada luka bakar. Memang, efeknya akan mendinginkan, tapi tahukah kamu sebenarnya hal tersebut adalah cara yang salah dan akan memperparah luka.

 

Karena Odol hanya memberikan efek dingin sementara, di waktu yang bersamaan juga memperparah luka. Ingat, odol adalah cairan berbentuk gel yang dibuat dari bahan-bahan kimia dan beberapa di antaranya bahkan mengandung deterjen. Bayangkan jika bahan-bahan tersebut terkena luka yang masih terbuka, jaringan kulit didalamnya akan bertambah rusak serta mengalami iritasi. Kalau sudah begini, biasanya efek yang terlihat adalah bekas luka yang menghitam. Bekas luka seperti ini akan lebih susah hilang walaupun masih tergolong baru.

 

Cara tepat untuk menangani luka bakar ringan adalah mengalirkan air dingin atau air es, bersihkan dari debu, dan berikan obat merah, lalu plester luka tersebut agar tidak terkena udara secara langsung. Dengan begini, luka bakar tidak menjadi semakin parah dan bekasnya bisa ditekan seminimalis mungkin. Setelah kering, oleskan dengan salep penghilang luka terbaik, yang dapat kamu beli di apotek. Sekian tipsnya, ayo tangani luka bakar dengan benar ūüėČ

 

Sumber: Dechacare