BENARKAH RADIASI WIFI DAPAT MEMBAHAYAKAN KESEHATAN?

64

Saat ini banyak rumor beredar bahwa radiasi wifi dapat membahayakan kesehatan terutama bagi kesehatan anak. Benarkah demikian? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mengetahui apa sih wifi itu ?

Wifi merupakan teknologi terkini dengan menggunakan wireless local area networks (WLAN). Berbagai perangkat teknologi lain, seperti ponsel dan komputer dapat langsung terhubung dengan wifi menggunakan gelombang radio, tanpa harus menyambungkannya melalui kabel terlebih dahulu.

Saat seseorang memanfaatkan wifi ataupun peralatan elektronik dengan perangkat wifi, maka wifi akan memancarkan gelombang radio ke segala arah agar dapat tersambung. Paparan gelombang radio ini, sebagian akan terserap oleh tubuh. Kekhawatiran yang timbul yaitu kemungkinan pengaruh gelombang radio ini terhadap kerusakan sel-sel di dalam tubuh, sehingga memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

Menurut sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa anak-anak lebih rentan terhadap radiasi Wi-Fi tentu meresahkan masyarakat. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Radiasi Wi-Fi tidak memicu kanker, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam situs resminya menegaskan bahwa tidak ada kaitan antara radiasi Wi-Fi dengan risiko kanker, terutama pada anak-anak. Pernyataan WHO ini juga didukung oleh para ahli dan ilmuwan di seluruh dunia.

Radiasi elektromagnetik dari perangkat Wi-Fi yang digunakan sehari-hari aman bagi Anda dan keluarga. Satu-satunya efek samping radiasi elektromagnetik bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah adalah naiknya suhu tubuh kira-kira sebesar satu derajat Celsius. Namun, hal ini pun hanya mungkin terjadi jika Anda berada dalam sebuah pabrik atau fasilitas industri yang beroperasi untuk memancarkan sinyal dalam frekuensi sangat tinggi. Semakin jauh dari sumber pemancar, semakin sedikit pula gelombang elektromagnetik yang Anda terima.

Selain itu, frekuensi yang dihasilkan radiasi Wi-Fi di kantor, rumah, atau di tempat-tempat umum sangatlah rendah. Saking rendahnya, radiasi tersebut tidak berdampak apa pun bagi Anda dan keluarga. Perlu diingat juga bahwa radiasi elektromagnetik dihasilkan oleh perangkat rumah tangga Anda yang lain seperti oven, telepon tanpa kabel, bel rumah, serta telepon seluler. Para produsen alat-alat tersebut, termasuk produsen perangkat Wi-Fi Anda, telah memiliki standar khusus yang direkomendasikan para ahli dan tenaga medis dalam mengatur frekuensi dan tingkat radiasi yang aman bagi manusia.

Jadi, Anda bisa bernapas lega sekarang, karena Wi-Fi tidak akan membahayakan kesehatan. Akan tetapi, tetap minimalisir penggunaan perangkat elektronik dalam jarak dekat terlalu lama agar tidak mempengaruhi kesehatan mata Anda. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

Wi-Fi and Health: Review of Current Status of Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24162060 Diakses pada 10 November 2016.

Electromagnetic fields and public health. http://www.who.int/peh-emf/publications/facts/fs304/en/ Diakses pada 10 November 2016.

Public Health England (2013). Wi-fi Radio Waves and Health.