Benarkah Teh Herbal Dapat Mencegah Kanker Usus Besar?

119

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mengkonsumsi teh herbal, walaupun hanya satu kali seminggu dapat menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar.
Pada penelitian ini, para peneliti membandingkan berbagai manfaat antara kopi panas, es kopi, teh herbal, dan teh hitam untuk mencegah terjadinya kanker usus besar, baik bagian proksimal, distal, maupun rektum.
Pada penelitian ini, para peneliti berhasil menemukan adanya hubungan yang kuat antara konsumsi teh herbal dengan penurunan resiko kanker usus. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan bukti pasti hubungan ini.
Pada penelitian ini, para peneliti membandingkan keadaan kesehatan antara 854 orang yang mengkonsumsi kopi dan teh dengan 948 orang yang tidak mengkonsumsi kopi maupun teh di Australia barat, di antara tahun 2005-2007.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi teh herbal memiliki hubungan dengan penurunan resiko kanker kolorektal bagian bawah. Efek ini tidak ditemukan pada orang yang mengkonsumsi teh hitam (dengan atau tanpa susu), teh hijau, kopi tanpa kafein, dan susu.
Salah satu penyebab orang yang mengkonsumsi teh herbal memiliki resiko kanker yang lebih rendah adalah mungkin karena mereka memang mengkonsumsi diet yang lebih sehat daripada orang yang tidak mengkonsumsi teh herbal tersebut. Teh herbal ini mungkin hanya merupakan penanda bahwa orang tersebut mengkonsumsi diet sehat dan bukanlah penyebab sebenarnya.
Karena banyaknya jenis teh herbal saat ini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan teh jenis mana yang memberikan manfaat yang lebih baik di antara the lainnya.
Para peneliti masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut dan lebih lengkap, yang meliputi jenis teh apa yang dikonsumsi dan para peneliti pun harus mengamati keadaan kesehatan peminum teh herbal ini selama beberapa puluh tahun untuk memastikan efek tersebut.

Sumber: newsmaxhealth