Benarkah Telur Tidak Baik Bagi Ibu Hamil dan Janin?

164

Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward berkata bahwa terdapat  banyak sekali manfaat pada satu telur dengan kalori yang hanya sekitar 90 kalori. Lebih dari 12 vitamin, mineral dan banyak protein penting untuk kehamilan terkandung dalam telur. Selain itu, Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf.

Meski begitu, tidak jarang pula orang awam mengatakan bahwa telur mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Hal itu memang benar. Akan tetapi, masalah kesehatan bisa timbul akibat konsumsi lemak jenuh. Sedangkan telur sendiri terbilang memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat minim, hanya sekitar satu setengah gram setiap butirnya. Berikut beberapa tahap aman mengonsumsi telur bagi ibu hamil:

1. Pastikan telur benar-benar matang, untuk menghindari bakteri. Bila merebus telur sebaiknya dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel.

2. Jika takut akan kandungan kolesterol bisa dimakan pada putihnya saja, karena putih telur mengandung protein yang baik untuk tubuh.

3. Jangan mengonsumsi telur mentah atau setengah matang ketika masa kehamilan karena meningkatkan risiko infeksi salmonella. Infeksi ini dapat menyebabkan persalinan prematur, kontraksi rahim, dehidrasi, diare dan muntah.

Imbangi konsumsi telur dengan nutrsi-nutrsi lainnya, jika mengalami alergi telur segera hentikan konsumsinya.

 

Sumber: Info Sehat