Benarkah Tidur di Atas Kasur Keras Dapat Mengurangi Nyeri Punggung?

108

Nyeri punggung atau nyeri pinggang merupakan 2 hal yang dapat membuat Anda sulit melakukan berbagai aktivitas harian Anda, dan bahkan dapat membuat Anda sulit tidur. Benarkah tidur di atas kasur keras dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang Anda rasakan?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol menemukan bahwa sekitar 84% kasus nyeri punggung terjadi akibat penderita tidur di atas kasur yang terlalu lembut (empuk). Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kasur yang empuk tidak dapat menopang tulang belakang Anda.

Tulang belakang merupakan tulang yang berfungsi untuk menopang tubuh, baik saat berdiri, berjalan, maupun saat tidur. Tidur di atas kasur yang terlalu empuk membuat tulang punggung melengkung saat Anda tidur. Hal ini akan membuat persendian di sekitarnya terasa kaku dan bahkan menyebabkan terjepitnya saraf di antara tulang belakang. Hal inilah yang membuat Anda merasa nyeri punggung.

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada daerah punggung Anda. Selain itu, terapi pijat juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dengan cara mengendurkan otot punggung yang tegang.

Cara lainnya yang dapat membantu mengatasi nyeri punggung yang Anda rasakan adalah dengan tidur di atas kasur yang lebih keras. Hal ini dikarenakan kasur yang keras dapat membantu menjaga tulang belakang Anda tetap berada dalam keadaan yang lurus selama tidur.

 

Sumber: Amazine