Benarkah Vitamin D Dapat Membuat Proses Persalinan Tidak Terlalu Menyakitkan?

136

Berdasarkan sebuah penelitian baru, kadar vitamin D yang rendah di dalam darah dapat membuat proses persalinan terasa lebih menyakitkan. Kekurangan vitamin D merupakan hal yang sering terjadi selama kehamilan, terutama pada wanita beresiko tinggi seperti vegetarian dan jarang terkena sinar matahari.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati 93 orang wanita hamil yang menerima suntikan epidural selama persalinan berlangsung. Sebelumnya, para peneliti telah mengukur kadar vitamin D di dalam darah para ibu hamil ini sebleum proses persalinan dimulai. Para peneliti kemudian mengukur berapa banyak obat anti nyeri yang dibutuhkan oleh para wanita ini selam proses persalinan berlangsung.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah memerlukan lebih banyak obat anti nyeri dibandingkan dengan wanita lainnya yang memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi di dalam darahnya.

Dengan kata lain, wanita yang memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah di dalam darahnya merasa lebih nyeri selama proses persalinan berlangsung.

Berdasarkan hasil penelitian ini, para peneliti mengatakan bahwa pengobatan dan pencegahan terjadinya defisiensi (kekurangan) vitamin D pada wanita hamil mungkin memiliki efek yang cukup signifikan untuk mengurangi rasa nyeri selama proses persalinan berlangsung.

Sumber: webmd