Berbagai Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Anda!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

191

Kegemukan atau obesitas bukanlah fenomena yang baru lagi. Obesitas sendiri sebenarnya adalah suatu kondisi di mana lemak di dalam tubuh tertimbun pada jaringan di bawah kulit (subkutan) dan di sekitar organ tubuh, yang kemudian akan meluas ke dalam jaringan organ tersebut.

Obesitas sendiri sebenarnya dapat diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Hal ini sangatlah berbahaya karena akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Berat badan berlebih akan memicu terjadinya berbagai jenis penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit jantung, serta berbagai bahaya lainnya seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Gangguan Pernapasan

Penderita obesitas cenderung mengalami kesulitan bernapas dan napasnya pun biasanya sangat pendek. Hal ini dikarenakan adanya tumpukan lemak pada daerah dada dan leher yang membuat penderita kesulitan ketika akan menarik dan menghembuskan napas.

Nyeri Sendi Lutut

Berat tubuh yang berlebih juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada persendian dan otot-otot kaki. Untuk kondisi tertentu, nyeri yang tak kunjung sembuh ini dapat menyebabkan perubahan bentuk postur tubuh. Hal ini dikarenakan kelebihan berat badan akan memberikan tekanan (beban) tambahan bagi lutut dan pergelangan kaki penderita.

Gangguan Pada Kulit

Obesitas juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan kulit karena perubahan pada kadar hormon di dalam tubuh. Selain itu, timbunan lemak yang berlebih juga akan membuat kulit menjadi lebih lebar sehingga akan tercipta garis-garis halus (selulit). Bahkan lipatan lemak ini dapat menjadi tempat jamur dan bakteri untuk tumbuh dengan subur dan memicu terjadinya infeksi.

Depresi

Bahaya obesitas lainnya bagi kesehatan adalah timbulnya rasa stress, bahkan depresi karena rasa malu dan rasa rendah diri yang seringkali mereka rasakan.

Varises

Varises adalah suatu keadaan di mana pembuluh darah (vena) melebar karena melemahnya dinding pembuluh darah. Varises ditandai dengan munculnya garis-garis berwarna ungu atau biru. Varises sebenarnya juga dapat diturunkan secara genetik, namun lebih sering terjadi karena obesitas.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOSĀ App Store