Berbagai Fakta Mengejutkan Seputar Deodoran dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan

108

Deodoran, suatu cairan wangi yang wajib dipakai setiap hari untuk mencegah timbulnya bau badan. Akan tetapi, apakah Anda yakin bahwa Anda benar-benar membutuhkan deodoran untuk mengatasi bau tidak sedap dari badan Anda? Di bawah ini, Anda dapat melihat beberapa fakta mengenai deodoran dan hubungannya dengan kesehatan Anda.

 

TIDAK MEMBUNUH BAKTERI

Deodoran ternyata tidak dapat membunuh bakteri, jadi sebenarnya tidak dapat membantu mengatasi penyebab bau badan Anda. Hal ini dikarenakan bau badan timbul akibat adanya percampuran antara keringat dan bakteri.

 

SEBABKAN KANKER

Karena deodoran mengandung aluminium, maka deodoran sebenarnya dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker. Hal ini dikarenakan aluminium dapat mempengaruhi hormon estrogen, yang pada kondisi tertentu dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker.

 

KEBAL

Tahukah Anda bahwa tubuh Anda tidak hanya dapat membentuk kekebalan terhadap suatu jenis bakteri atau virus tetapi juga terhadap deodoran? Hal ini akan membuat deodoran tampak tidak berefek, alias tidak berhasil menutupi bau badan Anda. Efek kebal ini biasanya akan timbul dalam waktu 6 bulan setelah Anda menggunakan deodoran dengan merk yang sama selama kurun waktu tersebut.

 

TIDAK MENCEGAH TERBENTUKNYA KERINGAT

Walaupun deodoran dapat menyamarkan bau badan Anda karena aromanya yang kuat seperti parfum, akan tetapi deodoran sebenarnya tidak dapat mencegah timbulnya keringat pada daerah ketiak. Deodoran hanya mampu mencegah timbulnya keringat berlebih (jadi tetap berkeringat, tetapi tidak berlebihan) dengan cara menahan jumlah keringat yang keluar dari dalam tubuh.

 

TIDAK SEMUA ORANG PERLU DEODORAN

Berbagai iklan mengenai deodoran mungkin telah membuat banyak orang percaya bahwa semua orang harus menggunakan deodoran untuk mencegah timbulnya bau badan.

 

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak orang yang tidak memiliki bau badan separah yang mereka kira? Beberapa orang yang cukup beruntung bahkan tidak memiliki bau badan sama sekali.

 

Anda dapat mengetahui seperti apa bau badan Anda dengan melihat bagaimana bentuk kotoran telinga Anda! Jika kotoran telinga Anda tampak seperti kulit yang mengelupas (kotoran telinga kering), maka Anda sebenarnya tidak memerlukan deodoran. Akan tetapi, bila kotoran telinga Anda tampak kecoklatan dan lengket, maka Anda mungkin memang membutuhkan deodoran untuk mencegah timbulnya bau badan yang tidak diinginkan.

 

Mengapa orang dengan kotoran telinga kering tidak memerlukan deodoran? Hal ini dikarenakan orang yang memiliki kotoran telinga kering biasanya tidak memiliki satu jenis zat kimia yang merupakan sumber makanan bakteri penyebab bau pada ketiaknya.

Sumber: huffingtonpost