Berbagai Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Setelah Melahirkan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

52

Selamat bagi para bunda telah melahirkan buah hati dengan penuh suka cita. Proses sebelum dan saat melahirkan membutuhkan perhatian khusus, namun yang tak kalah pentingnya juga proses setelah melahirkan. Masa setelah melahirkan hingga alat kandungan pulih kembali seperti sebelum hamil disebut sebagai masa nifas. Umumnya masa nifas membutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu. Hal ini perlu diperhatikan karena berbagai organ dan fungsi dalam tubuh sedikit banyak berubah saat masa kehamilan. Berbagai hal yang perlu diperhatikan saat masa nifas yaitu:

  1. Perubahan organ reproduksi

Perubahan organ disini berupa uterus dan vagina. Uterus yang berkontraksi masih dapat diraba di daerah antara pusar hingga panggul. Uterus terus kana mengkerut hingga tidak bisa diraba lagi sampai dengan 2 minggu setelah melahirkan. Kondisi vagina akan membaik, namun jarang sekali dapat kembali seperti sebelum melahirkan.

2. Mobilisasi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan setelah melahirkan adalah perdarahan. Sekitar masa persalinan hingga delapan jam setelah itu, bunda perlu istirahat dengan tidur terlentang. Kemudia pada hari kedua sudah boleh duduk, dilanjutkan dengan berjalan-jalan pada hari ketiga.

3. Asupan makanan

Nutrisi untuk ibu harus tercukupi, selain untuk masa penyembuhan juga nutrisi pada saat proses menyusui. Nutrisi yang mencakup tinggi kalori dan protein. Tak lupa juga mencukupi asupan cairan. Bunda bisa mengkonsumsi 3-4 porsi tiap hari.

4. Buang air kecil

Buang air kecul secepatnya dilakukan sendiri. Kebanyakan bunda bisa buang kecil sendiri sekitar 8 jam setelah melahirkan. Bila bunda merasa kandung kemih penuh namun sulit kencing dan diikuti dengan demam  maka jangan ragu untuk konsultasi ke dokter.

5. Buang air besar

Bunda harus sudah bisa buang besar sekitar 3-4 hari setelah melahirkan, karena bisa feses tertimbun akan menimbulkan infeksi.

6. Demam

Bila merasa badan demam atau temperature  ≥ 38oC maka kemungkinan ada infeksi maka segera bawa ke dokter atau bidan.

7. Laktasi/menyusui

Setelah persalinan, bunda dilatih untuk menyusui bayi. Terdapat dua hal penting dalam masa menyusui yaitu semakin sering ada rangsangan penyusuan maka makin banyak produksi ASI. Kondisi emosi bunda juga mempengaruhi produksi ASI, dimana bila bunda merasa takut, lelah, malu atau merasa nyeri maka produksi ASI akan berkurang.

8. Kebersihan diri

Bunda tetep perlu menjaga kebersihan diri dengan mandi 2x sehari termasuk mengganti alas tidur. Hendaknya pembalit diganti 2x sehari.

9. Senam nifas

Senam dengan gerakan sederhana dapat dilakukan pada hari pertama hingga ke-10. Fungsinya untuk mempercepat pemulihan kondisi bunda. Senam ini diutamakan untuk daerah perut dan panggul. (NKD)

REFERENSI:

Buku Ajar Asuhan Kebidanan Masa Nifas. 2014. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2018/09/Asuhan-Kebidanan-Nifas-dan-Menyusui_SC.pdf


 

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store