Berbagai Manfaat Nanas Bagi Ibu Hamil

465

Nanas mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dapat menjaga Anda tetap sehat selama hamil. Nanas mengandung sedikit lemak jenuh dan sangat banyak serat, sehingga sangat baik bagi kesehatan. Akan tetapi, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nanas bila usia kehamilan Anda berada pada trimester ke I. Selain itu, jangan mengkonsumsi nanas lebih dari 50-100 gram, 2 kali setiap minggunya pada trimester ke II dan tidak lebih dari 250 gram nanas setiap minggunya pada trimester ke III.

Di bawah ini Anda dapat melihat berbagai kandungan nutrisi di dalam nanas dan apa saja manfaatnya bagi para ibu hamil.

 

Vitamin C

Nanas mengandung banyak vitamin C, suatu antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan sel selama hamil. Satu cup nanas mengandung sekitar 79 mg vitamin C, yang dapat memicu produksi kolagen. Kolagen berfungsi untuk pertumbuhan kulit, tulang rawan, tulang, dan jaringan ikat bayi Anda

 

Mangan

Mangan berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang sehingga tulang bayi Anda menjadi kuat dan sehat, serta dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

 

Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin sangat berguna untuk membantu fungsi otot, sistem saraf, dan jantung.

 

Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksin berfungsi untuk membentuk antibodi dan energi, sehingga sangat baik untuk mengatasi morning sickness. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan terjadinya anemia. Nanas juga dapat membantu pembentukan sel darah merah karena mengandung banyak vitamin B6.

 

Tembaga

Nanas juga mengandung sejumlah tembaga, yang dapat membantu produksi sel darah merah dan pembentukan jantung bayi.

 

Serat

Nanas juga mengandung banyak serat, yang dapat membantu mengatasi sembelit, yang sering terjadi pada masa awal kehamilan.

 

Zat Besi dan Asam Folat

Buah nanas segar juga mengandung cukup banyak zat besi, yang juga sangat penting dalam proses pembentukan sel darah dan asam folat, yang dapat membantu mencegah terjadinya kelainan bawaan pada bayi.

 

Bromelain

Bromelain di dalam nanas dapat membantu melawan bakteri jahat yang terdapat di dalam usus dan memperbaiki saluran pencernaan Anda.

 

Zat Diuretik

Buah nanas juga mengandung zat diuretik yang dapat membantu membuang kelebihan cairan di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah pembengkakan pada kaki, yang sering dialami oleh para ibu hamil.

 

Mengatasi Varises Vena

Sebagian besar ibu hamil akan mengalami varises vena selama kehamilan. Varises vena yang terjadi pada kaki dapat melebar, menonjol, dan terpuntir; yang akan membuat kaki Anda terasa nyeri. Bromelain yang terdapat di dalam nanas dapat membantu mengurangi penumpukkan fibrosis pada varises vena ini dan mengurangi rasa tidak nyaman.

 

Memperbaiki Mood

Aroma dan rasa unik dari buah nanas dapat membantu memperbaiki mood. Buah ini juga dapat membantu mengatasi rasa cemas, depresi, dan pikiran obsesif pada ibu hamil.

 

Menurunkan Tekanan Darah

Saat seorang wanita hamil, maka mereka lebih mudah mengalami tekanan darah tinggi. Bromelain di dalam nanas dapat membantu mengencerkan darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Bromelain juga dapat membantu mencegah terbentuknya bekuan darah.

 

 

Sumber: momjunction