Berbagai Manfaat Olahraga Aerobik Bagi Kesehatan Anda

67

Bagi Anda yang ingin tetap sehat atau menurunkan berat badan, olahraga merupakan suatu hal yang wajib Anda lakukan. Namun, karena sekarang ini sudah banyak sekali pilihan olahraga yang dapat dilakukan, seperti yoga, pilates, aerobik, dan sebagainya. Bila Anda merupakan seorang pemula dalam hal berolahraga, maka aerobik merupakan pilihan yang baik. Di bawah ini Anda dapat melihat apa saja manfaat dari olahraga aerobik bagi kesehatan Anda.

 

Membuat Anda Dapat Berpikir Jernih

Walaupun merupakan olahraga fisik, akan tetapi dengan bergerak mengikuti irama, aerobik tidak hanya dapat melatih otot dan refleks tubuh Anda, tetapi juga dapat membuat Anda berpikir lebih jernih dan lebih tajam.

Oleh karena itu, olahraga ini sangat dianjurkan bagi mereka yang kesulitan mengendalikan anggota geraknya, misalnya karena sudah terlalu lama berbaring di atas ranjang.

 

Membakar Lemak dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Aerobik merupakan salah satu olahraga kardio, yang berarti dapat membantu Anda membakar lemak, meningkatkan laju pernapasan untuk memaksimalkan kadar oksigen di dalam darah, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Dengan demikian, aerobik dapat membantu meningkatkan aliran darah ke dalam paru-paru dan otot-otot tubuh Anda. Selain itu, saat Anda berolahraga, tubuh Anda juga akan melepaskan endorfin, yang akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan dapat membantu mengurangi stress.

 

Manfaat Lainnya

Selain kedua hal di atas, ada beberapa manfaat lain dari olahraga aerobik, yaitu:

  • Menguatkan jantung
  • Meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik)
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan aktivitas otak
  • Mengatasi stress

Sumber: lifespan