Berbagai Pemeriksaan yang Diperlukan Untuk Mendeteksi Suatu Kista

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

260

Tidak semua kista yang timbul pada tubuh Anda dapat terlihat secara langsung. Kista yang biasanya dapat dilihat secara langsung adalah kista pada kulit dan pergelangan tangan. Saat Anda memeriksakan diri, dokter Anda biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti:

  • Sejak kapan Anda menyadari adanya benjolan tersebut
  • Seberapa cepat benjolan tersebut bertumbuh atau membesar
  • Apakah ukuran benjolan berubah
  • Apakah benjolan terasa nyeri

Tergantung pada jenis kista, dokter Anda mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan lainnya selain pemeriksaan fisik.

Kista Pada Lutut

Kista Baker seringkali dapat diketahui hanya dengan melihatnya secara langsung. Oleh karena itu, jarang diperlukan pemeriksaan lainnya seperti foto rontgen dan USG. Pada foto rontgen, yang terlihat biasanya hanya peradangan sendi yang disebabkan oleh adanya kista dan bukan kista itu sendiri.

Pemeriksaan USG biasanya dilakukan bila pembengkakan telah mengenai betis. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk memastikan apakah pembengkakan ini memang benar disebabkan oleh kista dan bukannya karena ada bekuan darah atau penyebab lainnya. Pemeriksaan MRI biasanya tidak diperlukan.

Kista Pada Indung Telur (Ovarium)

Pemeriksaan USG perut dapat membantu menemukan lokasi kista dan apakah kista berisi cairan atau bukan. Tergantung pada jenis kista dan usia penderita, mungkin diperlukan pemeriksaan USG perut ulangan dalam waktu beberapa bulan untuk melihat apakah ukuran kista telah berkurang atau bahkan menghilang.

Kista Pada Payudara

Benjolan yang terdapat pada payudara dapat merupakan suatu kista atau jaringan padat. Tergantung pada usia Anda, riwayat kesehatan Anda, dan riwayat kesehatan keluarga Anda; dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan payudara ulangan setelah menstruasi Anda selesai.

Selain itu, dapat dilakukan pemeriksaan USG payudara untuk memastikan apakah suatu benjolan merupakan kista yang berisi cairan atau jaringan padat.

Pemeriksaan mamografi mungkin perlu dilakukan bila dokter mencurigai adanya suatu keabnormalan pada benjolan tersebut. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan sebelum pemeriksaan biopsi.

Kista Pada Vagina

Untuk menentukan apakah benjolan yang terdapat pada vagina Anda merupakan suatu kista atau bukan, maka dokter akan melakukan pemeriksaan ginekologi (pemeriksaan fisik pada vagina). Kista kelenjar Bartholin biasanya terasa seperti sebuah benjolan lembut di dekat lubang vagina. Bila dokter menemukan adanya pembengkakan atau kulit yang kemerahan atau nanah pada benjolan, maka hal ini menandakan telah terjadinya infeksi pada kista.

Kista Pada Leher Rahim (Serviks)

Kista pada leher rahim dapat ditemukan pada saat dokter melakukan pemeriksaan ginekologi. Kista Nabothian atau kista leher rahim biasanya tampak seperti sebuah kantong yang berisi cairan yang terdapat pada leher rahim.

Kista Pada Ginjal

Kista pada ginjal dapat ditemukan melalui pemeriksaan USG perut atau CT scan perut.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store