Berbagai Penyebab Kulit Kepala Gatal

396

Kulit kepala yang gatal sering mengganggu konsentrasi, sementara menggaruk kepala juga bisa membuat malu di muka umum. Ternyata gatal dikepala tidak selalu disebabkan oleh kebersihan yang kurang. Berbagai macam penyakit kulit seperti psoriasis juga dapat menyebabkan rasa gatal di kulit. Terkadang rasa gatal dapat dilokasir di kulit kepala, terkadang gatal bisa menyebar sampai ke badan. Menggaruk kepala terlalu sering juga bisa menyebabkan perlukaan di kulit kepala dan menjadi rentan terkena infeksi. Pengobatan untuk gatal di kepala juga bergantung pada penyebabnya, oleh karena itu sangat penting untuk mendiagnosa apa penyebab dari kulit kepala yang gatal sedini mungkin.

Beberapa penyebab gatal di kulit kepala:

Kulit kepala yang kering

Pada beberapa orang kulit kering bisa mencakup kulit kepala yang kering juga. Kekeringan ini bisa menimbulkan rasa gatal dan gatal bisa semakin memburuk saat musim dingin atau kebiasaan mencuci rambut terlalu sering. Ada beberapa jenis sampo yang harus dihindari dan harus menggunakan pelembab rambut untuk mengatasi masalah ini.

Manifestasi kutu

Manifestasi kutu, parasit kecil yang menghisap darah di kulit kepala dapat menyebabkan gatal di kepala. Kutu rambut sangat mudah ditularkan dari orang yang satu ke orang lain melalui kontak langsung. Gigitan dari kutu ini dapat menyebabkan rasa gatal, terutama jika digigit didaerah belakang telinga. Menggaruk kepala berulang dapat memperburuk keadaan dan membuat bakteri dapat menginfeksi daerah kulit kepala. Diperlukan pengobatan dengan menggunakan shampo atau lotion rambut khusus untuk mengontrol kondisi ini.

Ketombe

Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang paling sering terjadi. Ketombe sering terjadi pada infeksi di kulit kepala yang berminyak, yang disebabkan oleh jamur Malassezia furfur. Pasien yang terkena ketombe akan merasa gatal di kulit kepala dan menggaruk kepala diikuti jatuhnya serpihan putih. Pada kasus yang berat ketombe dapat berubah menjadi dermatitis seboroika. Ketombe dapat diobati dengan menggunakan shampo yang mengandung  ketoconazole, zinc pyrithione atau selenium sulfide.

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri di kulit kepala juga dapat menimbulkan rasa gatal. Selain itu infeksi bakteri akan menghasilkan pembentukan nanah, krusta (luka kering bercampur serum dan nanah). Pengobatannya menggunakan antibiotika lokal

Folikulitis 

Folikulitis di kulit kepala adalah inflamasi dari folikel rambut. Folikulitis bisa disebabkan oleh jamur atau bakteri. Selain rasa gatal, folikulitis biasanya menimbulkan rasa nyeri.

Infeksi virus, cacar air

Virus varicella zooster yang menyebabkan cacar air juga bisa bermanifestasi di kulit kepala. Pada kulit kepala akan terbentuk blister yang disertai rasa gatal. Virus ini juga bisa mempengaruhi syaraf dan memunculkan penyakit lain yaitu herpes.

Psoriasis di kulit kepala

Psoriasis adalah suatu kondisi dimana kulit ditutupi oleh plak tebal yang disebut plaques. Plaques ini biasanya bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, psoriasis ini biasanya diikuti oleh radang sendi.

Gejala psikologis

Stress dan kegugupan sering membuat Anda menggaruk kepala walaupun tidak gatal. Hal ini bisa diikuti dengan kerontokan rambut

Sumber: medindia