Berbagai Penyebab Meningkatnya Kadar Trigliserida

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

163

Trigliserida merupakan jenis lemak yang dapat ditemukan dalam aliran darah anda. Saat anda mengkonsumsi terlalu banyak kalori, maka kadar trigliserida anda dapat meningkat seiring dengan berlalunya waktu. Tingginya kadar trigliserida di dalam darah dapat berbahaya bagi kesehatan anda dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Kadar trigliserida yang normal adalah kurang dari 150 mg/dL.

1.  Berat Badan Berlebih dan Obesitas
Makan dalam jumlah banyak atau berlebihan dan gaya hidup tidak sehat (jarang atau tidak berolahraga atau jarang melakukan aktivitas fisik) merupakan 2 penyebab tersering dari meningkatnya kadar trigliserida anda.
Saat anda makan terlalu banyak dan menghasilkan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kelebihan kalori ini akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan sebagai cadangan makanan dalam tubuh, dalam bentuk lemak.

2.  Menderita Diabetes
Penderita diabetes dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida. Saat anda mengkonsumsi banyak karbohidrat dan kurang beraktivitas, maka kelebihan gula ini akan diubah menjadi trigliserida di dalam aliran darah.
Saat kadar trigliserida sangat tinggi di dalam darah, yaitu lebih dari 500 mg/dL, maka trigliserida akan disimpan dalam berbagai organ, dan dapat menyebabkan terjadinya perlemakkan hati atau sirosis hati (pengerasan hati) atau pankreatitis akut (peradangan pankreas).

3.  Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Pada beberapa orang, mengkonsumsi minuman beralkohol, bahkan dalam jumlah yang sedikit, dapat meningkatkan kadar trigliserida. Jika anda sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan memiliki kadar trigliserida yang tinggi, maka batasi konsumsi minuman beralkohol tersebut (tidak lebih dari 500 gram setiap harinya) atau bila dapat, jangan mengkonsumsinya sama sekali. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas.

Pengobatan
Beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi peningkatan kadar trigliserida adalah dengan menjaga berat badan sehat, mengkonsumsi diet sehat, dan meningkatkan aktivitas fisik anda. Pilihlah makanan rendah lemak (lemak jenuh dan lemak trans) dan konsumsilah lemak sehat lebih banyak seperti pada minyak olive, alpukat, kacang-kacangan, dan ikan.

Salmon atau tuna mengandung asam lemak omega 3 yang telah terbukti dapat membantu mengendalikan dan mengatasi peningkatan kadar trigliserida. Jika kadar trigliserida anda lebih dari 500 mg/dL, segera hubungi dokter anda untuk memperoleh pengobatan untuk menurunkannya.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store