Berbagai Tanda Hati Anda Sudah Tidak Bekerja Dengan Baik

205

Tidak hanya dapat membuang berbagai racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh Anda, hati juga berfungsi untuk memproduksi hormon, menyimpan energi, dan membuat berbagai komponen yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan.

Berbeda dengan anggapan banyak orang, sedikit gangguan pada hati biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Gejala biasanya baru timbul setelah terjadi banyak kerusakan pada sel-sel hati, yang membuat hati gagal menjalankan fungsinya.

Salah satu contohnya adalah hepatitis B atau hepatitis C, yang disebabkan oleh virus hepatitis B atau C. Sebagian besar penderita biasanya tidak menyadari mereka menderita hepatitis hingga hati sudah mengalami sirosis atau pengerasan dan tidak lagi dapat berfungsi dengan baik.

Sirosis merupakan kerusakan hati berat yang disebabkan oleh suatu penyakit atau cedera kronik pada hati. Penderita sirosis hati juga memiliki resiko kanker hati yang lebih tinggi dan biasanya membutuhkan transplantasi hati.

Selain hepatitis, perlemakkan hati atau fatty liver disease juga merupakan salah satu gangguan hati yang cukup sering ditemukan, terutama pada orang yang menderita obesitas. Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya sirosis dan kanker hati.

Untuk memastikan Anda memperoleh pengobatan secepatnya, dianjurkan agar Anda segera memeriksakan diri ke seorang dokter bila Anda mengalami berbagai gejala gangguan hati di bawah ini.

 

Nyeri Perut

Nyeri dan pembengkakan pada perut kanan atas dapat merupakan gejala adanya gangguan pada organ hati Anda, misalnya karena hati Anda meradang.

Mata Atau Kulit Menjadi Kuning (Jaundice)

Saat tubuh Anda menghancurkan sel darah merah, maka akan dihasilkan suatu produk sampingan yang berwarna kuning, yang disebut dengan bilirubin. Saat berada dalam keadaan sehat, hati dapat mengeluarkan bilirubin dengan baik dari dalam tubuh. Akan tetapi, saat hati Anda mengalami gangguan, maka dapat terjadi penumpukkan bilirubin di dalam darah Anda, yang akan membuat kulit dan mata Anda menjadi kuning. Keadaan ini disebut dengan jaundice. Selain itu, air kemih Anda dapat menjadi berwarna gelap dan tinja Anda menjadi berwarna lebih terang.

 

Nyeri Sendi

Nyeri sendi seperti pada radang sendi, mual, muntah, fatigue, dan hilangnya nafsu makan merupakan berbagai gejala yang sering ditemukan pada berbagai gangguan hati, terutama pada hepatitis autoimun.

Hepatitis autoimun merupakan suatu keadaan di mana sistem kekebalan tubuh Anda menyerang sel dan jaringan hati yang sehat karena menganggapnya sebagai benda asing yang berbahaya. Keadaan ini lebih sering ditemukan pada wanita daripada pada pria.

 

Pelebaran Pembuluh Darah

Karena hati Anda mengalami gangguan, maka ia tidak dapat membersihkan darah Anda dengan baik, akibatnya dapat terbentuk bekuan darah di dekat permukaan kulit, keadaan ini akan menyebabkan terbentuknya spider angioma atau pelebaran pembuluh darah kecil yang menyerupai laba-laba. Spider angioma sering ditemukan pada dada dan batang tubuh.

 

Tampak Bingung

Gangguan pada hati dapat menyebabkan peningkatan kadar tembaga di dalam darah dan otak Anda. Hal ini dapat membuat Anda mengalami kebingungan seperti seseorang yang menderita penyakit Alzheimer. Penurunan kesadaran ini biasanya ditemukan pada gangguan hati tahap akhir.

 

Menghilangnya Massa Otot

Perut tampak membesar, pergelangan kaki membengkak, kaki dan tangan tampak kurus dan lemah juga dapat merupakan gejala dari gangguan hati yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Menghilangnya massa otot ini juga dapat terjadi pada pipi dan pelipis. Gejala ini biasanya ditemukan pada gangguan hati tahap akhir.