Berbagai Terapi Untuk Bekuan Darah (DVT)

126

Terdapat beberapa cara untuk mengobata trombosis vena dalam (DVT), mulai dari obat pengencer darah, penggunaan stoking, dan filter vena cava.

 

Obat Antikoagulan

Obat pengecer darah atau antikoagulan dapat mencegah bekuan darah yang telah anda semakin membesar atau terlepas dari dinding pembuluh darah dan masuk ke dalam paru-paru, jantung, atau otak. Selain itu, obat ini juga dapat mencegah pembentukan bekuan darah.

Obat antikoagulan biasanya diberikan melalui suntikan saat pertama kali karena kerjanya lebih cepat daripada yang diminum melalui mulut. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi obat antikoagulan apapun dan periksakan diri anda secara teratur untuk memastikan bahwa dosis yang anda gunakan sudah tepat.

Salah satu obat antikoagulan yang sering digunakan adalah warfarin. Walaupun harganya tidak terlalu mahal, tetapi obat ini berinteraksi dengan berbagai jenis makanan dan obat-obatan lainnya sehingga penggunanya harus berhati-hati terhadap makanan dan obat-obatan.

Terdapat obat antikoagulan yang lebih baru tidak berinteraksi dengan makanan dan tidak membutuhkan pemeriksaan darah rutin, yaitu eliquis, pradaxa, dan xarelto.

Salah satu efek samping terbesar dari obat antikoagulan adalah resiko perdarahan. Bahkan luka kecil pun dapat menyebabkan perdarahan. Segera hubungi dokter anda bila perdarahan tidak berhenti atau bila anda terjatuh atau membentur sesuatu.

Anda biasanya harus mengkonsumsi obat antikoagulan ini selama 3 bulan atau lebih atau bahkan seumur hidup anda. Konsultasikan dengan dokter anda mengenai berapa lama dan dosis obat yang anda perlukan.

 

Stoking Kompresi

Selain obat antikoagulan, dokter biasanya juga akan menyarankan agar anda mengenakan stoking kompresi. Stoking ini digunakan mulai dari tumir hingga bagian atas atau bawah lutut anda. Stoking ini dapat membantu mengurangi nyeri, pembengkakan pada kaki, dan mencegah pembentukan bekuan darah lainnya.

Terdapat 3 jenis stoking kompresi, yaitu:

  • Support pantyhose yang memberikan tekanan paling sedikit
  • Stoking yang dijual bebas memberikan tekanan yang lebih besar daripada support pantyhose
  • Stoking kompresi khusus yang memberikan tekanan terbesar

Anda mungkin harus menggunakan stoking kompresi ini selama 2 tahun atau lebih setelah terdiagnosa menderita DVT. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anda mengenai jenis stoking mana yang sesuai untuk anda.

 

Filter Vena Cava

Jika obat antikoagulan tidak dapat menghentikan pembentukan bekuan darah atau bila anda tidak dapat menggunakan obat antikoagulan, maka anda dapat menggunakan filter vena cava. Filter ini dimasukkan melalui pembuluh darah vena besar di perut untuk menangkap bekuan darah sebelum bekuan darah ini mengalir masuk ke dalam paru-paru anda.

Filter ini berbentuk seperti saringan kecil sehingga darah dapat melewatinya, tetapi bekuan darh tidak dapat.

 

Pencegahan DVT

Selain penggunaan stoking kompresi, terdapat beberapa cara lain untuk mencegah terjadinya DVT, yaitu:

  • Turunkan berat badan anda bila berat badan anda berlebih
  • Berhenti merokok
  • Jika anda harus duduk dalam waktu lama, maka usahakanlah untuk berjalan-jalan setiap 1 atau 2 jam
  • Jika anda duduk lama dan tidak dapat berjalan-jalan, maka tekuklah betis dan bagian bawah kaki anda sehingga sirkulasi darah di kaki anda tetap lancar

Sumber: webmd