Berbagai Tipe Nyeri Kepala

330

Menurut the National Headache Foundation, lebih dari 45 juta orang Amerika menderita nyeri kepala kronik dan berulang dan sebanyak 28 juta orang lainnya menderita migrain. Sekitar 20% anak-anak dan orang dewasa pernah mengalami gejala sakit kepala yang signifikan.

Apa saja tipe dari sakit kepala?
Ada beberapa tipe dari nyeri kepala, bahkan faktanya ada 150 diagnosis dari kategori sakit kepala yang ada.
Berikut adalah beberapa tipe dari nyeri kepala:

Nyeri kepala tension
Juga dikenal sebagai nyeri kepala kronik harian atau chronic non-progressive headaches, nyeri kepala tension merupakan nyeri kepala yang paling sering terjadi pada orang dewasa. Kontraksi otot kepala menyebabkan nyeri sedang dan dapat berlangsung untuk waktu yang lama.

Migrain
Penyebab utama dari migrain memang belum diketahui. Teori populer yang saat ini dipegang adalah migrain dipicu oleh aktivitas abnormal dari otak, yang dapat menyebabkan perubahan aliran darah di otak. Beberapa bentuk dari migrain sering diasosiasikan dengan abnormalitas bagian dari otak. Nyeri migrain dapat bervariasi dari ringan sampai berat. Nyeri migrain dapat berlangsung sampai berhari-hari. Migrain dapat dipicu oleh suara, cahaya dan bau. Migrain dapat disertai gejala lain misalnya mual, muntah, penurunan nafsu makan dan nyeri perut.

Nyeri kepala campuran
Nyeri kepala campuran juga disebut transformed migrains, merupakan bentuk campuran dari nyeri kepala migrain dan nyeri kepala tension. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat mengalami gejala ini.

Nyeri kepala cluster
Nyeri kepala cluster paling jarang terjadi dan juga merupakan tipe nyeri kepala yang berat. Tipe nyeri dari nyeri kepala cluster sangat intens dan dapat dideskripsikan sebagai rasa terbakar di kepala. Lokasi nyeri biasanya ada dibelakang mata atau didaerah mata tanpa mengalami perubahan penglihatan. Asal kata cluster juga menunjukkan karaakteristik nyeri yang mengelompok, bisa berlangsung selama dua minggu sampai tiga bulan.

Nyeri kepala sinus
Nyeri kepala sinus sering dihubungkan dengan nyeri yang dalam konstan di tulang pipi, kening dan jembatan hidung. Nyeri biasanya diperberat dengan gerakan kepala yang tiba-tiba dan biasanya diikuti gejala dari sinusitis seperti hidung berair, rasa penuh ditelinga, demam dan pembengkakan di wajah.


Apapun Soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri. Download Aplikasi Pakdok Sekarang, Google Play Android Click Pakdok