Berbahayakah Kista Ovarium Untuk Kesuburan Wanita?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

344

Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kanan dan satu lagi di kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Ovarium menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause), serta memproduksi hormon. Fungsi ovarium terkadang mengalami gangguan dan kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi.

Kista artinya sebuah benjolan yang berisi cairan. Kista Ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Penyakit kista seringkali dianggap remeh karena kista mungkin tidak memberikan gejala apapun jika masih berukuran kecil. Apabila kista di ovarium ini membesar dan menekan organ lain barulah ia memberikan gejala. Gejala yang terkait dengan penyakit kista ovarium bisa berupa :

  • Nyeri atau kembung di perut
  • Kesulitan kencing, atau sering buang air kecil
  • Sakit yang tak jelas di punggung bawah
  • Nyeri selama hubungan seksual
  • Nyeri dan perdarahan yang abnormal selama menstruasi atau di luar siklus menstruasi
  • Berat badan terus menurun
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan nafsu makan, perut merasa penuh dengan cepat

Jika Anda diduga memiliki kista, maka Anda akan dirujuk ke dokter spesialis kandungan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosa. Setelah dipastikan Anda memiliki kista, dokter akanmemberikan informasi aakah kista Anda perlu diangkat atau bisa diobati dengan cara konservatif (non operatif) saja.

Mitos bahwa jika kita wanita memiliki kista akan sulit memiliki anak atau kesuburannya terganggu tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa penderita kista yang sudah memiliki keturunan lebih dari satu. Apabila berukuran besar biasanya dokter akan menyarankan untuk diambil, tetapi jangan kuatir karena kista dapat diangkat tanpa menganggu ovarium. Namun untuk beberapa kasus kista ovarium yang kompleks, penanganan melalui operasi memang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan penderitanya.

Bila Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter Anda atau Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Pakdok yang siap melayani Anda 24 jam setiap hari. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Samiadi LA. 4 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Sistem Reproduksi Wanita. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/fibroid-rahim/4-masalah-umum-yang-terjadi-pada-sistem-reproduksi-wanita
  2. Kista Ovarium. https://alodokter.com/kista-ovarium
  3. Kista Ovarium – Penyebab, Gejala dan Pengobatan. https://doktersehat.com/kista-ovarium/
  4. Suri N. Mengenali Kista Ovarium, Kondisi Yang Sering Tak Disadari. https://liputan6.com/health/read/3573652/mengenali-kista-ovarium-kondisi-yang-sering-tak-disadari

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store