Bercak Putih Pada Kulit, Berbahayakah?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

395

Pernah menemukan bercak-bercak putih pada tubuh anda yang tidak hilang walaupun anda telah mengobati dengan bermacam-macam salep yang katanya “anti jamur”? Hati-hati, bercak putih terebut bisa saja sebuah gejala dari penyakit serius, salah satunya adalah Morbus Hansen atau yang selama ini dikenal dengan nama penyakit kusta.

Sebenarnya apa sih penyakit Kusta itu? Mengapa penyakit ini seperti menjadi “momok” dan bahkan dikalangan masyarakat tertentu ada yang menganggap kusta sebagai penyakit kutukan? Dan benarkah bercak putih pada kulit merupakan gejala dari kusta? Penyakit Kusta atau Lepra penyebabnya adalah sejenis Kuman/bakteri yang bernama Mikobakterium leparae. Karena penyebabnya adalah kuman, maka penyakit ini dapat ditularkan. Kuman ini akan menyerang  kulit dan saraf. Yang sangat ditakuti adalah gejala yang ditimbulkan berupa bercak pada kulit yang awalnya kelihatan seperti panu, bercak ini biasanya agak tebal dengan permukaan kasar dan kering (bersisik) ada sedikit rasa gatal. Gejala yang paling khas adalah “mati rasa” pada daerah yang terkena infeksi, hal ini menyebabkan penderita kusta bila dibiarkan dapat mengalami kecacatan karena syaraf mereka rusak sehingga tidak akan merasakan sakit meskipun jari mereka putus, gejala ini pula yang sangat ditakuti dan menjadi momok dikalangn masyarakat.

Apakah penyakit kusta dapat disembuhkan? Penyakit kusta bisa disembuhkan, bahkan komplikasi kecacatan yang disebabkan oleh penyakit ini dapat dihindari, dengan catatan penyakit dideteksi secara dini. Obat-obatan yang diberikan untuk penderita kusta adalah kombinasi antibiotik sebagai langkah pengobatan selama enam bulan sampai dua tahun. Tindakan pembedahan perlu dilakukan jika sudah ada kerusakan pada saraf dan memperbaiki bentuk tubuh penderita yang cacat.

Akhirnya, mitos bahwa kusta adalah penyakit  kutukan dan tidak dapat disembuhkan terbantahkan. Untuk menghindari penyakit ini terapkanlah pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika mendapatkan gejala berupa bercak putih pada kulit yang mati rasa segeralah berkonsultasi dengan dokter atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Penyakit Hansen. https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_Hansen
  2. Penyakit Kusta (Morbus Hansen). https://medicinestuffs.com/2016/04/penyakit-kusta-morbus-hansen.html
  3. Iswandiari Y. Sering disangka panu, bercak putih di kulit bisa jadi tanda kusta. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/ciri-penyakit-kusta-di-kulit/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store