Berita Baik! 6 Buah Ini Siap Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

#TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri

327

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu dimana jumlah penderitanya yang terus bertambah.

Hal ini dikarenakan pola hidup jaman sekarang yang terlalu sering makan makanan berlemak tinggi seperti seafood, jeroan, daging, double karbo dan lain-lain. Pola hidup santai, jarang olahraga, terlalu banyak duduk akan memperbesar potensi penyakit jantung terutama penyakit jantung koroner.

Untuk membantu menjaga jantung Anda ada beberapa makanan baik yang harus dikonsumsi, salah satunya adalah buah-buahan.

Berikut adalah buah-buahan yang baik untuk jantung Anda:

1.      Apel

Makan apel secara rutin akan menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat dalam apel seperti quercetin, epicatechin, epigallocatechin, kaemferol membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu kolesterol LDL, selain itu menyelamatkan pembuluh darah Anda dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah jantung tersumbat akan memicu terjadinya serangan jantung.

Apel juga merupakan sumber dari pektin yang merupakan serat  larut yang membantu menurunkan kolesterol dan juga penyedia vitamin C yang merupakan antioksidan yang baik juga.

2.      Pisang

Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga membantu menjaga jantung dapat berfungsi dengan baik dan menyeimbangkan kadar sodium dan air dalam tubuh Anda.

Kalium juga membantu membuang kelebihan natrium melalui ginjal sehingga membantu tekanan darah tetap stabil.

3.      Delima

Buah delima mengandung polifenol termasuk antosianin dan tanin yang dipercaya membantu memperkuat pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Buah delima juga mengandung antioksdan tinggi yang baik untuk jantung.

4.      Kismis

Antioksidan dalam kismis akan melindungi tubuh dari pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, peradangan gusi dan gigi. Masalah pada gigi maka bisa menyebabkan masalah pada jantung sehingga bila Anda bisa mengatasi masalah pada gigi agar terhindar dari masalah jantung.

5.      Blueberry

Buah ini mengandung antosianin yang merupakan antioksidan. Selain itu juga mengandung beta karoten, lutein, asam elagik, vitamin C, asam folat, kalsium, magnesium, kalium, serat. Konsumsi secangkir buah blueberry setiap hari akan membantu meningkatkan kolesterol baik si kolesterol HDL, menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

6.      Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Alpukat juga membantu menyerap karotenoid terutama beta karoten dan likopen yang baik untuk jantung

Buah-buahan diatas adalah buah yang baik untuk jantung, usahakan untuk makan buah-buahan tersebut 2 porsi 2x dalam seminggu.


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok