Bersiap Untuk Penerbangan Panjang? Berikut Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat…

276

Sulit tidur saat sedang berada di dalam pesawat terbang? Hal ini tentu sangat menyengsarakan, terutama bila Anda sedang berada pada penerbangan internasional dengan lama penerbangan yang cukup lama.

Untuk membantu Anda menghindari momen tidak menyenangkan tersebut, di bawah ini Anda dapat melihat beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda tidur nyenyak di dalam pesawat.

 

Pergi di Malam Hari

Jika Anda dapat memilih jadwal penerbangan Anda, maka pastikan Anda selalu memesan penerbangan tanpa transit mendekati waktu tidur normal Anda. Dengan demikian, peluang Anda untuk tertidur selama perjalanan pun akan lebih besar karena memang jadwal penerbangan Anda sesuai dengan waktu tidur Anda di malam hari.

 

Pilih Tempat Duduk Dengan Baik

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih tempat duduk adalah mengetahui bagaimana gaya tidur Anda. Jika Anda lebih suka tidur dengan posisi miring ke kanan, maka pilihlah tempat duduk di bagian kanan pesawat, begitu pula sebaliknya. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Selanjutnya adalah pilihlah bangku yang dekat dengan jendela pesawat sehingga Anda dapat menggunakan dinding pesawat sebagai tempat bersandar saat tidur.

 

Siapkan Perlengkapan dan Pilih Baju yang Tepat

Bila Anda akan berada cukup lama di perjalanan, baik di dalam pesawat terbang maupun alat transportasi lainnya, pastikan Anda memilih baju yang nyaman dan hangat. Jangan memilih pakaian ketat.

Jika Anda harus mengikuti rapat tidak lama setelah mendarat, maka pastikan Anda telah menyiapkan baju kerja Anda di bagian atas koper atau ransel Anda dan bergantilah pakaian di toilet bandara begitu Anda tiba.

Selain itu, pastikan juga Anda membawa kaos kaki, bantal, penutup mata, dan penutup telinga atau headphone. Ubahlah arah bantal leher Anda ke bagian bawah dagu Anda untuk menjaga agar kepala Anda tidak terus jatuh ke depan saat tidur.

 

 

 

Buat Diri Anda Kelelahan

Jika jadwal penerbangan Anda adalah pada malam hari, maka pastikan Anda berolahraga dengan baik sebelumnya atau bila jadwal penerbangan Anda adalah di pagi hari, maka pastikan Anda kelelahan semalam. Hal ini akan membuat Anda merasa lelah dan siap untuk tidur begitu Anda duduk di dalam pesawat.

 

Minum yang Cukup dan Makan Dengan Benar

Udara di dalam pesawat sangatlah kering, sehingga mata, kulit, tenggorokan, dan hidung Anda dapat menjadi kering. Untuk mengatasinya, Anda harus minum lebih banyak air putih daripada biasanya. Dehidrasi tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi juga dapat memperparah gejala jet lag yang Anda alami. Minum banyak air putih dapat membantu Anda terhindar dari mual, lesu, sakit kepala, dan lemas akibat jet lag.

Selain itu, pastikan Anda mengkonsumsi protein (daging tanpa lemak) dan siapkan cemilan Anda sendiri.

 

.

 

Sumber: cheatsheet