Biar Lebih Tahu! Ini Lho Keuntungan dan Kerugian Bila Makan Telur

212

Telur adalah makanan yang paling serbaguna di dapur Anda, Anda dapat menyajikan dengan berbagai cara menurut kreativitas Anda. Sehingga Anda bisa menyiapkan beberapa jenis makanan mulai dari makanan gurih sebagai menu utama sampai makanan manis untuk pencuci mulut.

Telur juga memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan jumlah kalori yang rendah. Telur mengandung menyediakan berbagai vitamin, mineral dan nutrisi lainnya dan hanya mengandung 72-80 kalori. Namun, telur juga memiliki beberapa kekurangan gizi, jadi Anda harus mengonsumsinya secukupnya sebagai bagian dari diet seimbang.

Keuntungan Konsumsi Telur:

Protein

Salah satu keunggulan nutrisi utama telur adalah kandungan proteinnya. Setiap butir telur ukuran besar mengandung 6,3 gram protein – 3,6 gram dari putih telur dan 2,7 gram dari kuning telur. Telur mengandung protein lengkap, yang berarti protein telur menyediakan semua asam amino yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup. Tubuh Anda menggunakan asam amino ini untuk menjaga jaringan dan mendukung fungsi otak. Setiap telur utuh menyediakan 20 % asupan protein harian yang direkomendasikan untuk wanita dan 17 % untuk pria.

Vitamin dan mineral

Telur adalah sumber yang kaya akan beberapa nutrisi utama. Makan telur meningkatkan asupan kolin Anda, vitamin penting untuk fungsi otak. Setiap telur besar mengandung 147 mg kolin, sekitar 27 % dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria atau 35 % RDA untuk wanita, menurut Linus Pauling Institute. Telur juga mengandung selenium, mineral penting yang membantu fungsi tiroid. Setiap telur besar menyediakan 28 % kebutuhan selenium harian Anda. Anda juga meningkatkan asupan yodium dan vitamin B-2, B-5 ​​dan B-12 saat Anda konsumsi telur.

Kerugian Konsumsi Telur:

Kolesterol

Telur mengandung banyak kolesterol yaitu sekitar 185-200 mg untuk setiap telur ukuran besar, atau sekitar 62 % dari asupan kolesterol harian maksimum Anda, menurut Colorado State University. Meski tidak semua orang merespon buruk terhadap kolesterol yang dikonsumsi, beberapa orang sebaiknya memperhatikan adanya peningkatan kadar kolesterol darah saat mereka mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol.

Karena kolesterol darah tinggi menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung, kolesterol. Namun, karena semua kolesterol dalam telur ditemukan di kuning telur, maka Anda bisa konsumsi putih telurnya selain itu perhatikan cara memasak telur. Batasi penggunaan minyak saat memasak telur, dan pasangkan telur dengan perasa sehat, seperti paprika merah cincang, jamur dan sayuran lainnya. Pastikan telur Anda dimasak dengan matang, karena telur mentah atau kurang matang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri berbahaya. Jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, bicarakan dengan dokter Anda banyak Anda boleh konsumsi telur.

Sumber: healthyeating.sfgate