Bila Ingin Diet Anda Sukses, 4 Makanan Ini Wajib Ada Dalam Menu Harian Anda. Siap Untuk Nyoba?

97

Demi meraih berat badan ideal banyak orang yang melakukan berbagai macam usaha, salah satunya adalah dengan berdiet membatasi makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Cara ini memang efektif membantu menurunkan berat badan namun bila makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang tepat.

Karena yang terpenting dalam berdiet, Anda harus mengonsumsi makanan yang terkontrol kalorinya dan seimbang dimana mencakup berbagai makanan bergizi.

Berikut 4 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Diet:

1.      Kacang

Awalnya kacang-kacangan dianggap terlarang bagi pelaku diet karena kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi. Namun sekarang ini kacang-kacangan mencuri sorotan sebagai makanan yang baik untuk kehilangan lemak.

Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat yang kaya, dua nutrisi ini yang membantu menciptakan rasa kenyang lebih cepat. Dengan demikian membantu Anda mengurangi kalori secara keseluruhan. Kacang juga kaya sumber lemak tak jenuh tunggal, lemak sehat yang bisa membantu mencegah penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Diabetes Care” pada tahun 2007 menemukan bahwa diet tinggi lemak tak jenuh tunggal juga menyebabkan penurunan lemak perut. Untuk mengendalikan asupan kalori Anda, biasakan untuk konsumsi satu ons kacang.

2.      Yogurt

Yoghurt yang halus, lembut dan lezat juga dapat membantu program diet Anda. Sebagai makanan yang kaya protein, yogurt bisa membantu memuaskan perut Anda lebih baik daripada makanan yang kaya karbohidrat.

Namun, para ilmuwan telah menemukan bahwa kalsium dalam yogurt, dan produk susu lainnya mungkin memainkan peran penting dalam kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan. Periset melakukan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2004 di “Obesity Research” menemukan bahwa asupan kalsium yang meningkat menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan daripada diet yang terbatas pada masalah kalori saja. Anda bisa konsumsi 1 porsi yogurt atau sekitar 8 ons.

3.      Gandum Utuh

Gandum utuh merupakan sumber serat yang kaya yang dapat membantu menurunkan berat badan. Gandum dicerna pada tingkat yang lebih lambat dan karena itu membuat Anda merasa lebih cepat untuk merasa kenyang dan mencegah Anda makan terlalu banyak.  yang dapat Selain itu gandum utuh juga kurang memiliki efek pada gula darah, yang dapat membantu mengendalikan rasa lapar.

Penelitian dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi gandum utuh lebih tinggi memperoleh berat badan yang lebih rendah dalam penelitian yang dilakukan selama 20 tahun. Anda bisa konsumsi satu irisan roti gandum,  1 cangkir sereal kering, atau 1½  cangkir nasi, pasta atau sereal hangat.

4.      Telur

Apakah Anda suka makan telur rebus, telur dadar atau telur mata sapi? Bila iya, maka hal ini adalah hal yang baik untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Menurut periset sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “International Journal of Obesity” pada tahun 2008. Peserta makan sarapan telur atau sarapan bagel. , Keduanya mengonsumsi dengan kepadatan energi dan energi total yang sama, setidaknya lima hari dalam seminggu selama delapan minggu. Pada akhir penelitian, kelompok pemakan telur menunjukkan penurunan lemak tubuh sebesar 16% lebih besar dan penurunan berat badan sebesar 65% lebih besar daripada kelompok yang makan bagel.

Makanan di atas baik untuk Anda konsumsi dan akan membantu dalam penurunan berat badan. Selain menjaga makanan yang Anda konsumsi ada baiknya Anda juga melakukan olahraga secara teratur.

Sumber: healthyeating.sfgate