Bintitan, Penyakitnya Si Tukang Intip?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

146

Apakah bintitan itu? Sering kali kita dengar penyakit bintitan disebabkan oleh kebiasaan suka mengintip. Benarkah demikian? Berikut penjelasan mengenai bintitan dari itu sendiri

Apa itu bintitan?

Bintitan merupakan suatu penyakit yang menyerang daerah sekitar kelopak mata. Dalam bahasa medis, dikenal dengan istilah hordeolum. Bintitan atau hordeolum ini merupakan peradangan pada kelenjar Zeis, Moll, dan Meibom. Ketiganya merupakan kelenjar air mata yang berada di kelopak mata baik atas maupun bawah.  Hordeolum sendiri dibagi menjadi hordeolum interna dan eksterna.

  • Hordeolum interna terjadi pada kelenjar meibom akibat infeksi yang terjadi di dalam garis bulu mata.
  • Hordeolum eksterna terjadi karena kelenjar zeis dan moll akibat infeksi yang terjadi di luar garis bulu mata.

Penyebab bintitan

Bintitan atau Hordeolum disebabkan penyumbatan pada kelenjar. Penyumbatan ini menyebabkan terhentinya aliran drainase. Disamping itu ada juga bakteri Staphylococcus aureus  dan Moraxella yang menyebabkan infeksi pada kelenjar tersebut. Infeksi ini menyebabkan peradangan berupa penonjolan pada kulit atau kelopak mata hingga keluarnya nanah dari pangkal bulu mata. Faktor risiko dari terkenanya penyakit ini adalah kebiasaan memegang daerah mata tanpa sebelumnya cuci tangan. Jika sebelumnya pernah mengalami bintitan, maka ada kemungkinan bintintan tersebut akan kambuh pada tempat yang sama. Jadi jelas bahwa penyebab bintitan bukan karena mengintip. 

Gejala

Gejala dapat bersifat subjektif atau berbeda tiap orang seperti adanya rasa mengganjal pada kelopak mata, rasa yang bertambah kalau menunduk dan nyeri bila ditekan. Selain itu ada beberapa gejala lain dari bintitan yaitu:

  • Bengkak dan merah pada kelopak mata
  • Rasa sakit dan sensasi terbakar
  • Penghlihatan terganggu
  • Dapat keluar nanah pada pangkal bulu mata

Pengobatan

Jangan pernah memanipulasi seperti menekan atau menusuk bintitan karena dapat memperparah penyakit. Kompres hangat akan sangat membantu dalam menangani bintitan. Kompres mata yang mengalami bintitan 3-4 kali sehari. Setiap kompres selama 10-15 menit. Pada bintitan yang belum mengandung nanah, kompres berguna sebagai pengurang rasa sakit dan membantu membunuh bakteri. Untuk mempercepat penyembuhan juga dilakukan pembersihan kelopak mata dengan air bersih dan sabun terutama sabun bayi. Jika anda pengguna lensa kontak, maka baiknya untuk sementara lepaskan lensa kontak pada masa pengobatan. Hindari juga pemakaian make up pada daerah yang terdapat bintitan. Apabila infeksi semakin parah, sudah terdapat nanah atau infeksi sudah menyebar ke jaringan mata sekitarnya maka segeralah temui dokter untuk mendapat penanganan yang adekuat.

Mencegah Bintitan

Langkah yang diperukan untuk mencegah yaitu menjaga area mata dan sekitarnya termasuk kelopak mata tetap bersih. Biasakan untuk terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh mata dan rajin membersihkan make up yang digunakan pada daerah sekitar mata. (ITA)

Sumber:

Ehrenhaus, M. 2017. Hordeolum. https://emedicine.medscape.com/article/1213080-overview#a5. 7 November 2018

Kanski. 2015. Clinical Ophtalmology- A systemic aproach 8E. London : Elsevier

Khurana. 2007. Comprehensive Ophtalmology, 4th edition. India: New Age International (P) Limited Publishers

Voughan & Asbury’s. 2007. General Ophtalmology Ed. 17. London: Lange


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store