Bolehkah merawat anak yang sedang Cacar air di rumah?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

722

Cacar air atau Varicella merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan dapat menular. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya “plentingan” atau biasanya disebut vesikel yang berisi air pada seluruh tubuh, gatal dan kulit yang kemerahan. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya apabila daya tahan tubuh penderita cukup untuk melakukan perlawanan terhadap virus ini. Varicella biasanya sembuh dalam waktu 8 hingga 10 hari.

 

Anak seringkali rewel ketika terserang penyakit ini karena rasa gatal dirasakan di seluruh tubuhnya tentu saja terasa tidak nyaman. Kadang anak juga sulit mengutarakan apa yang sedang ia rasakan karena kosakatanya terbatas untuk mengungkapkan rasa tidak nyamannya, tapi bukan berarti anda harus membawanya untuk dirawat di rumah sakit. Jangan panik dulu, ada beberapa tips yang dapat Anda coba selama merawat anak yang sedang sakit di rumah.

  1. Pisahkan barang-barang yang digunakan si anak dari keluarga lainnya, seperti handuk, pakaian, piring, gelas dan lain Hal ini dapat mengurangi proses penularan virus kepada keluarga.
  2. Pastikan tempat tidur anak selalu bersih, bila memungkinkan ganti seprai yang digunakan si anak setiap hari.
  3. Potong kuku si anak jika terlihat panjang. Hal ini harus dilakukan agar ketika si anak merasa gatal dan menggaruk bintil cacar air, bintik cacar tersebut tidak pecah. Karena ketika bintik cacar tersebut pecah, akan terjadi luka yang lebih mudah terinfeksi.
  4. Perhatikan makanan yang dikonsumsi oleh si anak. Pastikan makanan yang dia konsumsi mengandung protein dan tinggi kalori serta sumber vitamin dan mineral. Hindari makanan yang dapat memicu alergi pada anak-anak yang memiliki riwayat alergi; misalnya seafood, kacang-kacangan, atau telur karena biasanya alergi menjadi lebih rentan “kumat” saat tubuh sedang terserang penyakit.
  5. Perhatikan dan periksa kondisi suhu tubuh si anak setiap harinya. Jika anak mengalami demam, anda dapat memberikan obat penurun panas. Jangan mengabaikan demam, terutama jika anak Anda atau di keluarga ada riwayat kejang demam. Namun, untuk menentukan dosis pemberian obat, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
  6. Pastikan kebutuhan cairannya tercukupi. Dengan anak banyak minum air dapat membantu kulitnya menjadi lembab, sehingga mengurangi rasa gatal yang dia rasakan, serta membantu penyembuhan luka cacar air.
  7. Pastikan anak mendapatkan waktu istrahat yang cukup hal ini dapat mendorong proses penyembuhan lebih cepat.

Cacar air bukanlah penyakit yang fatal dan dapat dirawat hingga sembuh di rumah. Namun jika anak menunjukkan demam yang tidak kunjung reda, nafsu makan menurun drastis, atau ada tanda-tanda kekurangan cairan maka Anda harus segera membawa anak untuk berkonsultasi dengan dokter.(RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. https://id.wikihow.com/Merawat-Cacar-Air-di-Rumah/
  2. https://homecare24.id/artikel/7-hal-dalam-merawat-cacar-air-pada-anak/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store