Bolehkah minum kopi di malam hari?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

93

Kopi adalah minuman yang populer dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kopi diminum paling banyak di pagi hari karena dipercaya dapat meningkatkan semangat dan membuat segar sepanjang hari. Selain pagi hari, kopi juga sering dikonsumsi sebagai teman makan siang dan makan malam. Kopi adalah minuman yang selalu ada di meja makan ornag Indonesia.

Kopi adalah minuman yang banyak dikonsumsi di dunia. Rata-rata setiap hari sesorang mengkonsumsi kafein sebanyak 320 mg. Selain kopi, minuman berenergi juga menyumbang porsi yang cukup banyak dalam tingkat konsumsi sehari-hari. Kopi memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Sebelumnya kopi diyakini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular di usia senja. Namun menurut penelitian yang diadakan di Kota Oslo, Norwegia, kopi ternyata tidak memiliki efek pada penyakit kardiovaskular, dengan catatan kopi telah disaring dengan baik. Sementara untuk diabetes mellitus, kopi kaya akan antioksidan yang dapat mencegah rusaknya pembuluh darah. Seperti diketahui bersama, rusaknya pembuluh darah merupakan komplikasi utama pada diabetes mellitus. Jadi mengkonsumsi kopi dapat mencegah komplikasi diabetes mellitus.

Walaupun baik untuk penderita penyakit kardiovaskular dan diabetes mellitus, kopi ternyata buruk untuk pasien insomnia atau gangguan tidur yang lain. Dilaporkan 200-400 mg konsumsi kafein per hari dapat menyebabkan gangguan tidur, kurang tidur, dan susah tidur. Kebanyakan kopi atau minuman berenergi yang dijual bebas mengandung lebih dari 500 mg kafein. Sudah sejak lama para ahli menyarankan untuk menghindari kopi pada orang-orang yang menderita insomnia atau gangguan tidur. Menurut studi yang dilakukan di Detroit, kopi secara signifikan dapat menimbulkan gangguan tidur. Studi yang dipimpin oleh Christopher Drake ini menguji pemberian kopi pada dua belas orang sehat dan memeriksa apakah dua belas orang subjek penelitian ini mengalami gangguan tidur, Kopi diberikan pada 0, 3, dan 6 jam sebelum tidur. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pemberian kopi 3 dan 6 jam sebelum tidur memberikan efek gangguan tidur yang signifikan dibandingkan dengan kelompok placebo.

Selain studi yang dilakukan di Detroit, studi yang dilakukan di Washington DC juga mengkonfirmasi temuan studi-studi sebelumnya. Studi yang dilakukan di Washington DC ini juga menemukan hubungan konsumsi kopi dengan gangguan tidur serta rasa lelah di pagi hari pada remaja-remaja yang mengkonsumsi kopi sebelum tidur.

Kopi adalah minuman yang rutin dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kopi mengandung kafein dan antioksidan. Antioksidan pada kopi dapat membantu mengurangi komplikasi pada penyakit diabetes mellitus. Namun selain manfaat, kopi dapat mengakibatkan gangguan tidur jika diminum tiga sampi enam jam sebelum tidur. Kurang tidur akibat kopi juga dapat mengakibatkan rasa lelah yang berlebihan pada pagi hari. Minum kopi adalah hal yang sah-sah saja dan dapat membawa manfaat. Namun, efek samping kopi seperti gangguan tidur harus diwaspadai dan disikapi dengan baik (RPG).

Daftar Pustaka

Almaramhy, H. H. (2017) ‘Acute appendicitis in young children less than 5 years : review article’, Italian Journal of Pediatrics. Italian Journal of Pediatrics, pp. 1–9. doi: 10.1186/s13052-017-0335-2.

Orbeta, R. L. et al. (2006) ‘High caffeine intake in adolescents : associations with difficulty sleeping and feeling tired in the morning’, 38, pp. 451–453. doi: 10.1016/j.jadohealth.2005.05.014.

Ranheim, T. and Halvorsen, B. (2005) ‘Review Coffee consumption and human health – beneficial or detrimental ? – Mechanisms for effects of coffee consumption on different risk factors for cardiovascular disease and type 2 diabetes mellitus’, pp. 274–284. doi: 10.1002/mnfr.200400109.

Sudhakaran, N. (2010) ‘Appendicitis in children’, Surgery. Elsevier Ltd, 28(1), pp. 16–21. doi: 10.1016/j.mpsur.2009.10.010.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store