Bolehkah minum obat dengan teh?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

97

Sebagian besar orang lebih menyukai saat minum obat dengan teh, hal ini dilakukan untuk memudahkan menelan obat dan juga menghilangkan rasa pahit pada obat saat ditelan. Jika Anda sering melakukan hal tersebut, maka sebaiknya ubah kebiasaan ini dari sekarang karena justru tidak baik bagi kesehatan.

 

Menurut pakar kesehatan, minum obat dengan teh ternyata sangat tidak direkomendasikan, apalagi jika teh yang digunakan adalah teh hijau. Saat memasuki saluran pencernaan, kandungan kafein di dalam teh ternyata bisa mempengaruhi kinerja obat dengan signifikan. Tak hanya membuat kemampuan obat dalam menyembuhkan menurun, konsumsi obat dengan air teh ternyata juga bisa memicu efek samping berupa sakit perut, kesulitan untuk berkonsentasi, susah tidur, meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah, hingga membuat kita lebih gugup.

 

Sebuah penelitian dari National Institute of Health melaporkan bahwa terdapat minum obat amfetamin, kokain, atau efedrin dengan teh hijau dapat menyebabkan interaksi berbahaya bagi tubuh. Kandungan kafein dalam teh hijau (yang memang lebih tinggi dari jenis teh lainnya) yang berinteraksi dengan zar obat-obatan kuat ini dapat dapat membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga meningkatkan tekanan darah.

 

Ada beberapa jenis obat yang tidak perbolehkan dikonsumsi dengan teh diantaranya :

  1. Obat penurun tekanan darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi teh hijau justru dapat mengurangi manfaat dari obat nadolol yang berperan menangani tekanan darah tinggi. Oleh karenanya, seorang profesor kardiologi menyarankan bahwa pengidap hipertensi yang mengonsumsi nadolol sebaiknya tidak mengonsumsi teh hijau dalam waktu bersamaan. Kandungan di dalam teh hijau ini ternyata diduga dapat berdampak kepada penyerapan obat di dalam usus.

 

  1. Obat penurun berat badan

Selain untuk obat hipertensi, teh hijau tidak dianjurkan untuk diminum bersamaan dengan obat penurun berat badan seperti phenylpropanolamine. Sebab, kombinasi ini akan menyebabkan lonjakan pada tekanan darah dan risiko perdarahan di otak. Karena teh hijau cenderung memperberat kerja hati, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat yang memiliki efek samping yang buruk pada organ hati, seperti acetaminophen (paracetamol), phenytoin, methotrexate, dan lainnya.

 

  1. Obat pengencer darah

Bila Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarinibuprofen, dan aspirin, baiknya Anda hindari teh hijau sebagai cairannya. Pasalnya, teh hijau mengandung vitamin K yang dapat mengurangi keefektifan kinerja aspirin. Teh hijau memiliki efek yang mirip dengan pengencer darah sehingga bila Anda konsumsi berbarengan dengan obat-obatan tersebut bisa meningkatkan risiko perdarahan.

 

  1. Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik, seperti enoxacin dan ciprofloxacin, dapat menurunkan kemampuan dan kecepatan memproses dan mengeluarkan kafein dari tubuh. Oleh karenanya, meminum obat dengan teh, terutama kedua antibiotik ini, dapat meningkatkan risiko efek samping, seperti sakit kepala, peningkatan detak jantung, dan serangan cemas.

 

  1. Pil KB

Kandungan kafein dalam teh dilaporkan dapat menurunkan cara kerja pil KB dalam menghambat proses pembuahan. Jadi, Anda yang sedang rutin mengonsumsi pil KB sebagai alat kontrasepsi tidak boleh meminumnya dengan teh. Selain itu, menurut sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi pil kontrasepsi dengan teh hitam berisiko mengurangi kecepatan tubuh memecah kafein sehingga menyebabkan peningkatan detak jantung, sakit kepala dan serangan cemas.

 

Tedianggap memiliki kebaikan untuk kesehatan tubuh, tetapi sangat disarankan untuk menghindari konsumsi minuman ini bersamaan dengan obat. Selain itu, sensitivitas tubuh terhadap kafein juga sebaiknya menjadi pertimbangan. Jika Anda hendak minum obat, ada baiknya Anda minum dengan menggunakan air putih saja. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

 

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/obat-obatan-ini-sebaiknya-tidak-diminum-dengan-teh/

https://www.alodokter.com/hentikan-kebiasaan-minum-obat-dengan-teh-dari-sekarang


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store