BOLEHKAH ORANG DEWASA MENGGUNAKAN SABUN BAYI?

7

Sabun bayi memiliki kandungan yang berbeda dengan sabun yang biasa digunakan oleh orang dewasa pada umumnya. Bayi tidak terlahir dengan kulit yang memiliki perlindungan kuat seperti kulit dewasa. Sabun bayi sudah dirancang untuk kulit bayi yang lebih tipis dan rawan terhadap alergi. Sesuai dengan tujuannya, produk perwatan kulit untuk bayi memiliki formula super lembut yang membantu perlindungan kulit bayi. Karena hal tersebut, sebagian besar orang dewasa menggunakan produk bayi terlebih sabun untuk merawat kulitnya. Biasanya mereka memilih sabun bayi karena memiliki kulit yang mudah iritasi. Benarkah demikian?

Pendapat ahli mengenai penggunaan sabun bayi pada kulit dewasa

Menurut Dr. Srie Prihianti Sp.KK, dokter spesialis kulit anak, sabun bayi tidak cocok untuk kulit orang dewasa. Sabun bayi dirancng untuk kulit bayi yang memang rapuh. Penyebab sensitifnya kulit dewasa berbeda dengan bayi. Kulit bayi memiliki struktur ikatan sel pembentuk jaringan kulit yang masih longgar sehingga partikel asing yang ada di udara atau bakan kimia suatu produk dapat mudah masuk dan mengiritasi kulit, ditambah sistem perlindungan kulit bayi yang belum sempurna melawan zat asing masuk. Sedangkan kulit orang dewasa sudah memiliki fungsi kelenjar minyak yang baik, paparan stres, sinar matahari, polusi sekitar akan membuat kulit menjadi berubah. Karena perbedaan penyebab inilah formula sabun bayi dianggap tidak cukup kuat untuk membersihkan kulit orang dewasa sehingga untuk kulit sensitif dewasa sebaiknya lebih dipilih sabun yang mengandung bahan alami sepeprti lidah buaya, vitamin E atau zaitun.

Apakah semua produk bayi tidak bisa digunakan oleh orang dewasa?

Anda masih dapat mengambil manfaat dari beberapa produk bayi namun dengan aplikasi yang berbeda dari bayi. Berikut beberapa produk dan kegunaannya yang masih dapat dimanfatakan oarang dewasa

  • Bedak bayi

Bedak bayi dapat menghilangkan kelembapan pada pantat bayi. Bedak juga dapat digunakan untuk menghilangkan minyak dari kulit kepala. Gunakan bedak bayi di tengah anda mencuci rambut. Namun perlu waktu lama karena bentuk bedak bayi yang lembut sehingga sulit untuk mengaplikasikannya di dasar rambut.

  • Baby oil

Minyak bayi yang satu ini dapat digunakan untuk menghapus make up. Selain lembut, minyak bayi cukup kuat dalam mengangkat eyeliners atau lipstik. Bau produk ini juga tidak menyengat.

Walaupun besar manfaatnya, anda tetap harus memperhatikan alergi. Hindari produk jika terjadi alergi dan kulit anda tidak cocok. Walau dengan produk perawatan kulit bayi sekalipun. (ITA)

Sumber:

Sebamed. 2016. Can Adults Use Baby Products? We Discuss. https://www.sebamedusa.com/blog/2016/11/23/baby-products-adults/ 26 Juni 2019. Quamila, A. 2019. Meski Punya Kulit Sensitifm Orang Dewasa Tak Boleh Pakai Sabun Bayi. https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-diri/sabun-bayi-untuk-orang-dewasa/ 26 Juni 2019.