Bolehkah Penderita Jantung Koroner Berolahraga?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

647

Tahukah anda apa yang dimaksud Penyakit jantung Koroner? Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Biasanya PJK disebabkan oleh gaya hidup yang pasif atau yang lebih dikenal dengan sedentary lifestyle. 

Ada beberapa anggapan yang mengatakan jika terkena penyakit jantung, kita tidak bisa melakukan aktifitas fisik yang berat terutama berolahraga. Meski belum ada panduan resmi mengenai aturan olahraga pada penderita PJK, sebagian besar ahli menyarankan untuk tetap berolahraga. Tentunya itu tergantung dari berat dan ringannya penyakit jantung.

Para ahli di Amerika Serikat menyarankan olahraga yang boleh dilakukan bagi penderita PJK adalah olahraga dengan endurance training ringan sampai sedang. Penderita PJK disarankan berolahraga dengan pengeluaran energy setidaknya 500-1000 kalori per minggu. Penyusunan jadwal, intensitas dan waktu di atas tentu harus di disikuasikan dengan dokter. Olahraga rutin dapat memperbaiki beberapa faktor risiko dari PJK, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit gula (diabetes), berat badan berlebih (obesitas), dan lemak darah berlebih (dislipidemia). Penurunan faktor risiko tersebut akan memberikan impact berupa penurunan risiko seseorang terkena PJK. Selain itu, seseorang yang berolahraga teratur mampu beraktivitas lebih baik dan otot jantungnya tidak mudah mengalami kekurangan oksigen (iskemia) sehingga risiko terkena serangan jantungnya lebih kecil daripada yang tidak berolahraga.

Jadi, olahraga sangat berguna untuk kesehatan jantung pasien dan aman bila dilakukan secara benar, dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Tidak ada istilah terlambat untuk memulai gaya hidup sehat bagi penderita PJK. Langkah terbaik tentu saja memulai berolahraga sebelum PJK mendahului kita. Cara hidup pasif (sedentary lifestyle) harus dihindari, ditambah dengan diet dan nutrisi yang seimbang, dan konsultasi kesehatan rutin untuk mendapatkan kesehatan yang maksimal sampai usia senja. (EDA/CM)

Sumber :

Winata J. Bolehkan Penderita Jantung oroner Berolahraga? Majalah Kesehatan Keluarga Dokter Kita. Edisi 8 Tahun IV Agusutus 2009.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store