Botol Susu Tepat untuk Anak Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

236

Para ibu sebaiknya teliti ya dalam memilih botol susu. Karena salah dalam memilih botol susu dapat berakibat buruk bagi kesehatan anak.

Peneliti asal Amerika dan Kanada pada tahun 2008 menyebutkan bahwa telah ditemukannya botol susu bayi yang berbahaya karena mengandung plastik polikarbonat. Polikarbonat merupakan plastik kaku yang dapat menghasilkan produk samping saat dipanaskan berupa Bisphenol-A (BPA). Jadi, secara otomatis BPA yang terbentuk sangat berpotensi untuk larut dalam susu yang diminum anak

Apa efek samping BPA?

Paparan BPA terhadap anak dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti gangguan hormon, gangguan sistem reproduksi, gangguan saraf, dan sistem daya tahan tubuh yang berpengaruh pada proses perkembangan anak. Bahaya tersebut dapat dihindari dengan memilih botol susu yang aman, tepat, dan terjaga kualitasnya

Lalu bagaimana cara memilih botol susu yang aman?

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus pemilihan botol susu dalam dunia kesehatan.Yang harus Anda perhatikan adalah dari segi keamanan. Banyaknya botol susu yang beredar di pasaran dengan berbagai merk, bentuk, dan keunggulannya sering membuat para ibu menjadi bingung dalam memilih.

Dalam artikel ini akan dibahas, bagaimana cara memilih botol susu yang aman dan baik untuk bayi Anda. Ayo disimak!

Berikut ini adalah kriteria dalam memilih dan menggunakan botol susu dengan aman:

Bahan botol susu

Botol kaca

Botol kaca biasanya tidak mengandung bahan kimia yang berpotensi terserap oleh susu dan tertelan bayi. Namun botol kaca lebih mudah pecah dan retak terutama saat proses sterilisasi. Botol juga bisa pecah ketika dipegang bayi dan akan sangat berbahaya jika pecahan kaca masuk ke dalam makanan.

Untuk orang tua yang memilih botol kaca, sebaiknya gunakan botol kaca saat anak sudah mampu memegang botol dengan baik atau orang tua yang memegang botol saat pemberian makan. Lakukan dengan benar proses sterilisasi sesuai petunjuk agar botol tidak pecah atau retak

Botol plastik

Nilai plus yang dimiliki adalah ringan, kuat, dan tidak mudah pecah. Namun, dalam proses pembuatannya, botol susu bayi mengandung senyawa kimia yang disebut Bisphenol A (BPA). Senyawa ini biasa digunakan untuk memproduksi compact disk dan juga pembuatan kaleng.

Untuk orang tua yang memilih botol plastik, pastikan Anda memilih botol yang aman. Botol plastik yang aman adalah botol dengan lambang #2HDPE, #4LDPE, dan #5PP. Plastik tergolong aman karena terbuat dari polypropylene atau polyethylene. Bahan tersebut diketahui tidak melarutkan kasinogen atau zat penyebab kanker.

Ukuran

Pilihlah botol susu dengan ukuran yang sesuai mulut bayi dan tahap perkembangannya. Tujuannya agar bayi merasa nyaman ketika minum susu dari dot, seperti pada payudara ibu. Bila Anda memberikan ukuran dot dan botol susu yang tidak sesuai bisa membuat bayi tersedak dan mengganggu pernapasan.

Selalu baca dan ikuti petunjuk yang ada pada kemasan botol. Sesuaikan dengan usia bayi Anda

Mudah dibersihkan

Pilihlah botol susu yang mudah dibersihkan. Botol yang mudah dibersihkan akan memudahkan pekerjaan Anda. Jangan lupa selalu sterilkan botol menggunakan air mendidih atau peralatan steril elektronik untuk membunuh bakteri dan kuman yang mungkin tertinggal pada sisa – sisa susu yang telah diberikan.

Setelah memilih botol susu dengan tepat, Anda tidak perlu khawatir buah hati tersayang akan terpapar zat kimia berbahaya. Lengkapi selalu kebutuhan nutrisi bayi Anda. Namun yang harus Anda ketahui bahwa ASI merupakan makanan terbaik bagi kesehatan serta tumbuh kembang bayi.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store