Buah Jeruk Punya Manfaat Luar Biasa Untuk Bayi Lho! Ini Manfaat Jeruk Sebagai Makanan Pendamping ASI

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

370

Selama enam bulan pertama dalam hidup bayi Anda, ASI menyediakan semua nutrisi penting untuk bayi Anda. Tapi setelah melewati usia tersebut, maka sekarang saatnya Anda mulai memperkenalkan dia untuk makanan pendamping seperti jus dan buah-buahan secara bertahap. Meskipun Anda memiliki banyak pilihan tapi pasti Anda terus mencari tahu makanan pendamping apa yang baik untuk bayi.

Jeruk adalah salah satu pilihan yang tepat, karena jeruk mengandung nutrisi dan mineral yang membantu untuk membuat bayi Anda menjadi lebih sehat.

Bayi Anda siap untuk mulai makan jeruk pada usia 1 tahun, hal ini karena sifat asam dari buah jeruk ini yang dapat menyebabkan intoleransi bila dikenalkan terlalu awal bahkan bisa memicu ruam di tahap awal dan bisa sangat sensitif terhadap perut kecil bayi Anda. Namun, tidak semua bayi sensitif terhadap jeruk. Bahkan bila dokter mengijinkan Anda bisa mulai memberikan jeruk mulai dari usia delapan bulan.

Berikut Adalah Manfaat Hebat Dari Jeruk Untuk Bayi Anda:

Sarat dengan vitamin dan mineral. Selain Vitamin C, jeruk adalah pilihan yang sehat untuk bayi kecil Anda. Kandungan serat juga bahwa sangat baik untuk bayi kecil Anda.

  • Obat Yang Sangat Baik Untuk Flu dan Batuk

Jeruk yang dikemas dengan vitamin C dan bermanfaat untuk batuk dan flu yang terjadi pada si kecil. Jeruk akan memberikan dorongan yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Sehingga membantu melindungi si kecil dari segala bentuk infeksi sekunder

  • Menghindari Sembelit

Masalah sembelit sering kali dialami oleh bayi, hal ini bisa disebabkan karena saluran pencernaan bayi yang belum bekerja sempura dan tidak mendapatkan jumlah serat yang dibutuhkan. Jeruk adalah solusi yang bagus untuk masalah ini karena jeruk memiliki kandungan tinggi serat di dalamnya.

  • Sarat dengan Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan bayi kecil Anda untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Oleh karena itu sangat baik bagi bayi kecil Anda bila Anda ingin memberikan jeruk.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jeruk sangat baik dalam meningkatkan fungsi pencernaan si kecil. Jadi jeruk membantu mencegah dispepsia dan gangguan pencernaan pada bayi kecil Anda.

  • Kaya Nutrisi

Seperti disebutkan di atas jeruk dikemas dengan semua nutrisi yang baik dan mineral penting untuk pertumbuhan yang sehat dari bayi Anda. Jeruk membantu untuk memastikan si kecil mendapat semua suplemen yang diperlukan secara khusus untuk tahun pertama pertumbuhan dan perkembangan. Jeruk juga kaya akan zat besi juga

Hal yang perlu diperhatikan saat memberi makan jeruk untuk si kecil:

  • Serat, kulit dan biji: Jeruk perlu dicuci dan dikupas dengan baik. Juga pastikan Anda membuang biji dan serat yang ada di sekitar daging jeruk karena hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman untuk si kecil dan bayi bisa tersedak biji kecil yang ada dalam jeruk
  • Manisnya: Pastikan jeruk yang Anda berikan manis. Bayi tidak suka rasa asam dan dapat menolak untuk makan jeruk yang memiliki rasa asam meski ringan sekalipun.
  • Kesegaran: Pastikan memberikan jeruk segar dan berair, jangan pernah memberikan jeruk yang basi karena dapat memicu masalah pencernaan
  • Hindari Pemberian Jus Jeruk Dalam Kemasan: Bila Anda ingin memberikan air perasan jeruk maka hindari memberi jus jeruk dalam kemasan. Sebaiknya Anda peras sendiri dari jeruk segar.

Cara Menyajikan Jeruk:

  • Anda bisa memotong kecil-kecil jeruk yang diberikan agar bisa dimakan secara langsung
  • Anda bisa menumbuk buah jeruk, cara ini lebih mudah untuk pertama kali pemberian
  • Anda bisa memeras jeruk dan memberi air perasannya.
  • Anda juga bisa mencampurkannya dengan blueberry, alpukat, cranberry, buah persik, ubi jalar, yogurt dan ayam.

Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok