Buah Yang Harus Dihindari Saat Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

43

Kehamilan merupakan masa terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam masa perkembangannya. Salah satu yang dinilai cukup penting adalah asupan buah – buahan, karena seperti yang kita tahu didalamnya memiliki banyak kandungan mineral dan juga vitamin yang sangat baik tak hanya untuk ibu tapi juga janin. Namun ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil karena efek negatifnya lebih tinggi jika dibanding dengan manfaat yang didapat. Lantas buah apa saja yang dilarang? Berikut jenis buah dan penjelasannya.

  1. Nanas

Nanas memiliki kandungan bromelain yang diketahui cukup berbahaya untuk ibu hamil. Kandungan tersebut bisa membuat leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang bisa menyebabkan kelahiran belum cukup usia, sehingga bisa memicu keguguran. Apabila Anda merasakan ngidam yang tidak dapat ditahan, Anda dapat mengonsumsi buah ini dalam jumlah kecil, sekadar untuk memenuhi keinginan Anda untuk merasakan buah manis asam ini. Hindari konsumsi berlebihan, dalam jumlah besar dan terus-menerus, setiap hari, untuk menjaga agar tidak terjadi kelahiran dini dari janin.

  1. Pepaya mentah atau belum matang

Pepaya mentah mengandung getah yang memiliki efek sama seperti hormon oksitosin dan prostaglandin bila dikonsumsi. Kedua hormon tersebut biasa digunakan untuk mendorong kontraksi rahim saat proses melahirkan. Konsumsi satu dua potong kecil dari pepaya tidak akan memberikan efek signifikan, tetapi konsumsi berlebihan akan menebabkan kontraksi dari otot rahim. Kontraksi yang terjadi saat usia janin masih muda dapat menyebabkan keguguran. Sedangkan kontraksi rahim saat usia kehamilan telah mencapai trisemester ketiga, dapat menyebabkan janin kekurangan asupan oksigen dan nutrisi karena aliran darah yang tidak lancar.

  1. Durian

Buah durian mengandungan asam arachidonat serta alkohol yang bisa membahayakan kehamilan. Seperti kelahiran prematur karena kandungan asam arachidonat dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Selain itu, alkohol dalam durian juga berpotensi menyebabkan keracunan alkohol atau mabuk, apabila dikonsumsi secara berlebihan. Namun mencicipinya sedikit untuk memenuhi rasa ngidam boleh – boleh saja, asal dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dan wajar.

  1. Melon

Ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah melon terutama yang berjenis melon merah atau cantaluope. Ini karena kulit luar melon bisa saja tercemar bakteri, khususnya bakteri salmonella yang dapat membuat ibu hamil terancam terkena virus TORCH. Virus tersebut dapat memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin. Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi melon, Anda dapat memilih buah melon yang telah diolah dalam bentuk kue, puding, atau minuman yang telah dimasak atau direbus hingga matang. Pengolahan melon hingga matang dapat membunuh kuman dan virus yang mungkin menempel.

Kehamilan tentu ditunggu-tunggu oleh keluarga, karena itu berhati – hatilah saat ingin mengkonsumsi buah – buahan selama kehamilan, agar kehamilan tetap terjaga. Mengonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, masih boleh dilakukan. Pengolahan menjadi makanan atau minuman yang matang juga dapat menjadi opsi jika Anda ingin tetap menikmati buah-buahan di atas. (RA/STE)

Daftar Pustaka

  1. https://www.okaydoc.com/artikel/buah-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil/
  2. http://palembang.tribunnews.com/2018/08/07/ini-10-buah-yang-baik-untuk-ibu-hamil-serta-yang-harus-dihindari-saat-sedang-mengandung?page=4

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store