Buat Nambah Pengetahuan! Ini Obat Dan Suplemen Yang Ternyata Tidak Boleh Diminum Secara Bersamaan

195

Untuk menjaga tubuh tetap sehat banyak orang mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi suplemen dengan seiringnya waktu. Bisa jadi orang itu kemudian mengalami beberapa masalah kesehatan yang kemudian disarankan untuk minum obat dengan rutin. Hal ini membuat orang tersebut mengkonsumsi obat dan suplemen secara bersamaan.

Padahal ternyata ada beberapa jenis obat yang ternyata tidak boleh diminum secara bersamaan dengan beberapa suplemen karena akan menimbulkan risiko kesehatan. Kemudian obat apa saja yang dimaksud. Apakah obat dan suplemen Anda termasuk? Silahkan simak ulasan dibawah ini!

Berikut adalah obat dan suplemen:

Obat warfarin

Tidak boleh diminum bersamaan dengan: suplemen ekstrak bawang putih, suplemen omega-3, naproxen, aspirin.

Warfarin akan membantu menurunkan risiko penggumpalan darah. Tapi suplemen ekstrak bawang putih, suplemen omega 3, naproxen dan aspirin memiliki efek yang sama. Sehingga bila dikonsumsi secara bersamaan akan meningkatkan risiko perdarahan.

Obat lisinorpril

Tidak boleh diminum secara bersamaan dengan suplemen Kalium

Obat lisinopril merupakan obat golongan inhibitor ACE, dan yang bekerja dengan melebarkan pembuluh darah untuk memungkinkan aliran darah yang lebih baik. Seringkali, orang dengan tekanan darah tinggi mendengar bahwa kalium dapat membantu mengatur tekanan darah sehingga meminum suplemen kalium dengan teratur.

Namun bila Anda meminum obat dan suplemen ini secara bersamaan maka dapat kelelahan otot, detak jantung yang abnormal, dan bahkan kelumpuhan otot jantung.

Obat statin

Tidak boleh diminum secara bersamaan dengan vitamin B3, warfarin, amlodipin

Obat golongan statin sering kali diberikan bersama dengan vitamin B3 karena akan membantu menurunkan kolesterol. Tapi penggunaan keduanya dalam dosis besar akan meningkatkan risiko penyakit jaringan otot atau bahkan gagal ginjal.

Baru-baru ini, FDA memutuskan untuk menarik pernyataan mengenai penggunaan obat dan suplemen ini secara bersamaan. Bukan hanya itu perlu diwaspadai juga penggunaan obat golongan statin dengan warfarin dan amlodipin juga tidak disarankan.

Clopidogrel bisulfat

Tidak boleh diminum secara bersamaan dengan Aspirin, naproxen

Obat ini juga berguna untuk mencegah terjadinya penggumpakan darah, sehingga bila Anda minum secara bersamaan dengan aspirin atau naproxen maka akan meningkatkan risiko terjadinya perdarahan karena terjadi pengencaran darah.

Selain obat dan suplemen diatas masih ada obat dan suplemen yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Oleh karena itu pentingnya bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda meminumnya.

 

Sumber: webmd