Bumil Sering Merasa Lelah? 7 Cara Ini Dapat Dilakukan Agar Masa Kehamilan Bukan Jadi Hal Yang Membebani Anda

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

371

Apakah Anda sedang hamil? Bila iya, maka selamat menjadi ibu hamil adalah impian seorang wanita dan tentu menjadi impian juga untuk para calon ayah.

Untuk Anda yang para ibu hamil yang baru pertama merasakan kehamilan mungkin sering merasa mudah lelah. Dan untuk yang sudah pernah melahirkan mungkin sudah tahu mengapa seorang ibu hamil mudah merasa lelah.

Mungkin Anda bertanya apakah hal ini wajar? Sebenarnya jawabannya adalah hal ini memang sering terjadi. Karena pada bulan-bulan pertama kehamilan, biasanya akan terjadi perubahan hormon di dalam tubuh dengan cepat sehingga bumil akan mudah merasa lelah. Biasanya pada trimester kedua, sudah terjadi penyesuaian kondisi tubuh dengan perubahan hormon kehamilan tersebut dan tidak merasakan kelelahan yang berlebihan. Saat memasuki trimester akhir, akan terjadi perubahan berat badan dan pertumbuhan janin yang semakin membesar sehingga kembali mengakibatkan bumil cepat merasakan kelelahan.

Untuk membantu mengatasi rasa kelelahan yang dirasakan oleh para ibu hamil dibawah ini ada cara-cara mudah yang dapat dilakukan.

Berikut adalah cara mengatasi kelelahan untuk para ibu hamil:

1.      Segera beristirahat

Saat Anda para ibu hamil merasa lelah, maka segeralah untuk beristirahat kalau bisa sampai sekitar 30 menit. Biarkan tubuh Anda beristirahat, rilekskan bagian tubuh terutama kaki dan bagian pinggang.

2.      Mengkonsumsi Makanan  Sehat

Sebagai seorang ibu hamil maka Anda harus banyak makan makanan sehat yang penting untuk perkembangan janin. Selain itu makanan sehat membantu Anda mengurangi rasa kelelahan.

Usahakan dalam setiap menu makan mencakup buah, sayuran dan biji-bijian, serta beberapa protein dan susu rendah lemak. Selain itu perhatikan asupan cairan Anda dalam sehari, karena dehidrasi dapat membuat Anda semakin merasa lelah.

3.      Hindari cemilan mengandung lemak tinggi

Ibu hamil biasanya memang senang makan makanan tertentu, namun jangan biarkan Anda makan terlalu banyak terutama cemilan yang mengandung lemak tinggi. Karena camilan ini akan membuat Anda cepat lelah. Makanan tinggi lemak

4.      Konsumsi makanan yang tinggi zat besi

Ibu hamil sering mengalami masalah anemia (kekurangan sel darah merah). Saat mengalami anemia biasanya bumil akan merasa mudah lelah. Jadi perhatikan asupan makanan sehari-hari yaitu banyak konsumsi makanan yang tinggi zat besi untuk mencegah anemia seperti sayuran hijau tua, daging merah, blackberry dan alpukat

5.      Senam hamil

Senam hamil adalah salah satu cara baik yang dapat dilakukan oleh para bumil untuk menjaga kesehatan sang ibu dan janin. Biasanya seorang ibu akan memiliki tubuh yang kuat, belajar mengatur pernapasan menjelang proses melahirkan dan tidak mudah merasa lelah.

6.      Menggunakan aromaterapi

Anda bisa menghirup beberapa aroma terapi dan bisa menggunakannya untuk berendam atau mandi. Aromaterapi yang biasa digunakan seperti lavender atau jeruk. Minyak lavender aman pada trimester pertama namun untuk mandi jangan gunakan lebih dari 3 tetes dan tidak perlu digunakan setiap hari. Cara ini akan membantu mengatasi rasa kelelahan yang dirasakan oleh para ibu hamil

7.      Pijat refleksi

Untuk membantu mengatasi rasa lelah yang dirasakan, Anda para ibu hamil juga bisa mencoba melakukan pijat refleksi namun Anda tidak boleh sembarangan memilih tempat pijat refleksi. Pilihlah tempat pijat yang terpercaya sehingga akan dilakukan oleh seorang ahli. Bila perlu Anda bisa menanyakan kepada dokter spesialis kandungan Anda untuk merekomendasikan tempat pijat yang terpercaya. Selain itu biasanya pemijatan yang dilakukan menghindari area perut karena takutnya akan membahayakan janin.

Cara diatas adalah cara untuk membantu mengatasi rasa lelah yang dirasakan oleh ibu hami. Selain itu jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk membantu pekerjaan Anda jangan sampai Anda malah sibuk sendiri dan membahayakan kesehatan Anda dan janin.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store