Bundakan Si Kecilpun Butuh Olahraga

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

150

Bunda punya bayi kecil? Bunda bisa melakukan latihan fisik/olahraga lho bersama si kecil. Sebelum bisa merangkak kemudian berjalan, aktivitas bayi banyak dihabiskan di atas tempat tidur. Ia menggerak-gerakkan kaki-tangan, belajar tengkurap, berguling, dan perlahan mulai menyentuh barang di sekitarnya. Sudahkah Bunda tahu bahwa ada senam bayi yang dapat kita berikan pada si kecil?

Senam bayi sehat adalah salah satu cara stimulasi yang efektif. Ketika melatih senam bayi, Anda sekaligus dapat melakukan pengamatan atau deteksi dini adanya indikasi-indikasi penyimpangan perkembangan bayi, khususnya perkembangan motorik.

Apa sih, yang dimaksud perkembangan motorik? Secara umum, perkembangan motorik dibedakan menjadi dua, yakni motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang mencakup keterampilan otot-otot besar, misalnya merangkak dan berjalan. Sedangkan motorik halus mencakup keterampilan bayi memegang benda dengan telapak atau jari-jarinya, serta menggenggam.

Apa saja yang harus dipersiapkan pada saat kita hendak melakukan senam bayi?

  • Sediakan atau sisihkan waktu khusus selama kurang-lebih 10 menit untuk melakukan baby gym ini, sehingga Anda benar-benar bebas dari segala bentuk “gangguan”.
  • Tangan Anda harus bersih, hangat, dan sebaiknya berkuku pendek. Hal ini penting untuk dijaga agar Anda tidak menularkan kuman penyakit pada bayi. Kuku yang pendek juga mencegah dari perlukaan pada kulit bayi.
  • Lepaskan semua perhiasan yang Anda pakai pada kedua belah tangan, seperti cincin dan gelang, untuk meminimalkan kemungkinan kulit bayi tergores.
  • Pastikan aliran udara dalam ruangan lancar, hangat, dan tidak pengap.
  • Baringkan bayi di atas tempat yang permukaannnya rata, misalnya kasur atau busa tebal.
  • Putarlah atau perdengarkan musik berirama lembut dan menyenangkan untuk didengar.

Berikut ini adalah beberapa gerakan dalam senam bayi yang khusus dirancang untuk bayi 3 – 5 bulan.

  1. Posisi terlentang
  • Pegang jari-jari tangan bayi
  • Gerakan kedua lengannya menyilang di atas dada lalu kembalikan ke samping tubuhnya
  • Lakukan secara bergantian letak lengan yang saling menyilang
  1. Posisi tengkurap
  • Tidurkan bayi dengan posisi miring ke sisi kanan
  • Tekuk tungkai kanannya
  • Luruskan lengan kanan bayi seperti hendak mengambil mainan disisi kanan
  • Bantu dengan tangan Anda menekan dan mendorong bokong dan punggung bayi secara perlahan-lahan.

Demikian beberapa gerakan yang dapat dilakukan bersama si kecil. Ingat, lakukan gerakan-gerakan terebut diatas dengan lembut tanpa paksaan.  Lakukan pada saat suasana hatinya sedang senang, jangan melakukan senam bayi pada saat si kecil sedang rewel. Bagaimana? Selain bermanfaat untuk kesehatan sang buah hati, mampu untuk deteksi kelainan sejak dini, senam bayi juga bisa menjadi cara mempererat hubungan antara Bunda dan si kecil dengan cara yang asik bukan? (EDA/STE/CM)

Sumber:

4 Gerakan Olahraga Untuk Memperkuat Otot Bayi. https://nakita.grid.id/read/029811/4-gerakan-olahraga-untuk-memperkuat-otot-bayi?page=all


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store