Cara Alami Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

187

Sebagian wanita hamil dapat mengalami pembengkakan pada bagian – bagian tubuh tertentu, salah satunya adalah bagian kaki. Pembengkakan ini akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan sulit untuk beraktifitas. Namun hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar dan normal. Hal ini di sebakan karena adanya penumpukan cairan pada tangan dan kaki maupun bagian pada organ dalam tubuh.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, ada banyak cara yang dapat lakukan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan tertentu. Berikut caranya yang dapat Anda lakukan dirumah.

  1. Rendam kaki dalam air hangat yang dicampur garam, jahe, dan lengkuas. Caranya rendamkan kaki yang sedang bengkak ke dalam campuran tersebut. Diamkan beberapa saat. Anda akan merasakan seperti dipijit-pijit. Lakukan berulang, jika sekali rendam belum mengalami perubahan. Ini adalah cara tradisional yang cukup baik untuk dilakukan. Jangan mengkonsumsi obat kimia pada saat hamil. Sebaiknya menggunakan cara-cara yang paling aman agar tidak menimbulkan berbagai resiko kesehatan yang membahayakan. Rendam kaki di malam atau siang hari jika Anda merasakan kaki Anda terasa bengkak dan sangat tidak nyaman.
  2. Saat duduk maupun berbaring, diusahakan posisi kaki lebih tinggi dari posisi tubuh. Hal ini dilakukan agar aliran darah tak tersumbat pada daerah kaki.
  3. Lakukan olahraga khusus ibu hamil seperti senam hamil. usahakan selama masa kehamilan Anda menjalani hal ini. Ini bukan hanya baik untuk kesehatan Anda tapi juga bayi dalam kandungan. Jika si ibu sakit maka akan ada dampaknya pada bayi, sebaliknya jika ibu sehat dan merasa nyaman, maka bayi pun akan merasakan hal serupa. Senam ibu hamil disamping untuk menghindari masalah kaki bengkak pada ibu hamil juga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Terlebih di usia kehamilan yang sudah semakin tua. Senam ibu hamil juga dipercaya mampu mempermudah jalan keluar dari bayi pada saat melahirkan. Karena memang pada saat melakukan senam, ada beberapa gerakan yang dilakukan sebagai bentuk gerakan simulasi pada saat melahirkan.
  4. Mengurangi aktivitas duduk dalam jangka waktu yang lama. Bepergian ke luar kota dengan kendaraan dalam jangka waktu yang lama atau duduk seharian mengikut sebuah kegiatan bagi ibu hamil memberikan resiko terjadinya pembengkakan. Sebaiknya Anda harus sesekali merehatkan badan, menghindari terjadinya pembengkakan yang lebih parah.
  5. Saat bepergian, dianjurkan menggunakan sepatu yang nyaman. Hindari sepatu hak tinggi karena dapat memperburuk kondisi kaki Anda.
  6. Jangan terlalu banyak makan makanan yang asin. Garam yang berlebihan bisa menimbun cairan lebih banyak di bagian kaki ibu hamil
  7. Pijat area kaki. Pijatan pada daerah kaki memberikan tekanan yang berubah-ubah pada kaki, sehingga dapat mendorong kelebihan cairan untuk dibawa kembali ke tubuh bagian atas melalui sirkulasi darah. Lakukanlah pijatan yang sedikit kuat, namun tidak membuat sakit. Selain itu, kita juga dapat berkonsultasi dengan dokter, mengenai ahli pijat profesional yang mungkin ada khusus untuk ibu hamil. (RA)

Daftar Pustaka

  1. https://www.vemale.com/kehamilan/109716-tanpa-obat-begini-cara-alami-atasi-kaki-bengkak-saat-hamil.html
  2. https://kesehatanibu-hamil.blogspot.com/2017/10/cara-mengempeskan-kaki-bengkak-saat-hamil.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store