Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

476

 Wajah berminyak menjadi masalah serius bagi sebagian wanita. Kulit berminyak dapat menyebabkan pori-pori menjadi lebih besar sehingga debu dan kotoran mudah menempel pada wajah. Debu dan kotoran ini sering kali menyebabkan munculnya jerawat dan komedo diwajah. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan wajah berminyak, Anda tidak usah khawatir dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk pergi ke salon hanya untuk menghilangkan minyak di wajah. Anda dapat menghilangkan minyak ini di rumah dengan harga yang lebih terjangkau dan aman bagi wajah Anda. Berikut cara mengatasi wajah berminyak secara alami.

  1. Rutin membersihkan wajah

Anda harus rutin membersihkan wajah Anda setidaknya 1 kali dalam sehari. Jika Anda tidak rutin membersihkan, polusi dan debu yang menempel diwajah akan menyumbat pori-pori kulit sehingga akan menimbulkan jerawat dan komedo pada wajah. Anda dapat menggunakan susu pembersih untuk membersihkan wajah Anda pada sore hari, setelah seharian beraktivitas di luar. Kemudian lanjutkan dengan mencuci wajah Anda dengan sabun.

Mencuci wajah terlalu sering tidak dianjurkan untuk kulit yang berminyak. Pada dasarnya minyak memang diproduksi kulit secara normal untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kotoran masuk ke dalam pori-pori. Apabila Anda membersihkan atau mencuci wajah terlalu sering, misalnya 2-3x dalam sehari, Anda akan menghilangkan minyak dari wajah, namun hanya bersifat sementara saja. Selanjutnya, kulit wajah akan beradaptasi dan memproduksi semakin banyak minyak daripada sebelumnya. Hal ini tidak baik apabila terjadi terus menerus karena dapat menyebabkan melebarnya pori-pori, membesarnya kelenjar minyak, dan menyebabkan jerawat dan komedo akibat minyak yang tersumbat.

  1. Masker putih telur

Telur memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang bisa menyerap minyak diwajah dan dapat mengencangkan kulit wajah. Namun yang digunakan kali ini hanya putih telurnya saja, caranya kocok putih telur hingga berbusa dan langsung jadikan masker, diamkan hingga 25-30 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Pastikan bahwa Anda tidak mengalami alergi pada telur terlebih dahulu, agar tidak menyebabkan kemerahan atau radang akibat reaksi alergi

  1. Masker buah apel

Buah apel mengandung asam malat yang membantu membersihkan sel kulit mati melalui pengelupasan dan juga bermanfaat untuk menyerap kelebihan minyak pada permukaan kulit. Selain itu, buah apel memiliki antiseptik alami dan juga astringent, yang akan membuat kulit kamu terasa ringan tanpa beban. Caranya, haluskan 1 buah apel dan capurkan dengan 4-5 sendok madu. Setelah kedua bahan tercampur, jadikan masker di wajah secara merata dan diamkan selama 25-30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

  1. Masker lemon

Lemon mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Selain itu, lemon yang asam dapat menyebabkan radang bersih pada kulit, sehingga membantu mempercepat pengelupasan kulit mati, dan meransang terbentuknya kulit yang baru. Caranya, tempelkan kulit jeruk nipis pada wajah anda secara merata dengan sedikit diberi pijatan lembut, setelah 25 menit silahkan bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal 3 kali seminggu agar anda mendapatkan hasil terbaik. (RA/STE)

Daftar Pustaka

  1. https://manjadda.com/cara-mengatasi-kulit-wajah-berminyak
  2. https://merdeka.com/gaya/21-cara-menghilangkan-minyak-di-wajah-secara-alami-dengan-cepat-kln.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store