Cara Memandikan Bayi Anda Dengan Aman

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

328

Memandikan bayi seringkali menjadi “momok” bagi sebagian wanita yang baru saja menjadi ibu padahal hal ini penting untuk mencegah kontaminasi bakteri serta menjadikan bayi tampak bersih dan terawat. Beberapa rumah sakit sudah menyiapkan waktu dan sesi khusus untuk mengajari ibu memandikan bayinya, namun untuk bunda yang belum mengerti caranya yuk kita simak beberapa tips di bawah ini:

  1. Sebelum memandikan bayi, tentunya bunda harus menyiapkan alat dan bahan-bahannya. Bunda cukup menyiapkan bak mandi bayi, air hangat untuk memandikan bayi, beberapa handuk kering, waslap, sabun mandi khusus bayi, popok bersih, krim pelembap, pakaian bersih.
  2. Tuang air ke dalam bak mandi yang telah disediakan. Pastikan airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin, sebaiknya suhunya berkisar antara 29-30 derajat celcius.
  3. Bukalah baju bayi, baringkan bayi di atas handuk.
  4. Gunakan satu tangan ibu untuk menopang punggung, kepala, leher bayi dengan lembut, kemudian masukkan bayi ke air dengan pelan-pelan. Gunakan tangan yang satunya untuk membersihkan bagian tubuh.
  5. Bersihkan area sekitar mata bayi dengan lembut menggunakan kapas steril atau cotton bud yang telah dicelupkan kedalam air hangat.
  6. Basuh kepala, leher, dada, lengan, punggung dan tungkainya dengan mengunakan air. bersihkan tubuh bayi dengan menggunakan sabun dan kemudian dibersihkan dengan menggunkan waslap sampai bersih. Perhatikan daerah ketiak, belakang telinga, leher dan daerah kelamin.
  7. Bilas dengan menggunakan air, dimulai dari bagian kepala hingga bagian tubuh bayi secara perlahan-lahan, kemudian seka dengan menggunakan waslap yang bersih dan kering.
  8. Angkat bayi secara pelahan-lahan, letakkan bayi diatas handuk kering dan bersih, kemudian keringkan badan bayi secara hati-hati.
  9. Setelah itu pijat dengan menggunakan minyak telon untuk menghangatkan tubuh bayi dan pakaikan baju bersih yang telah disiapkan sebelumnya.

Memandikan bayi juga bisa meningkatkan kedekatan emosional antara orang tua dan anak lo. Oleh sebab itu, nikmati kegiatan ini dengan bayi Anda. Selamat mencoba. (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://bidanku.com/cara-memandikan-bayi/
  2. https://www.johnsonsbaby.co.id/memandikan-bayi/cara-memandikan-bayi-anda#QDA6YsqBkfKCgEu8.97/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store