Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Aman di Rumah

41

Kotoran telinga yang diproduksi di saluran telinga dapat bersifat normal ataupun tidak. Penumpukan kotoran di telinga dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman, dan dalam beberapa kasusu memengaruhi pendengaran Anda untuk sementara waktu. 

Perlukah Membersihkan Telinga ?

Idealnya saluran telinga tidak perlu dibersihkan, karena pada keadaan normal telinga mempunyai kemampuan secara otomatis untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Namun jika terlalu banyak kotoran telinga dan mulai menyebabkan gejala atau itu membuat dokter Anda tidak dapat melakukan pemeriksaan telinga yang tepat dan Anda mungkin memiliki sesuatu yang disebut dengan impaksi serumen. Ini berarti kotorang telinga telah sepenuhnya memenuhi saluran telinga Anda dan dapat terjadi pada satu atau kedua telinga.

Cara Membersihkan Telinga yang Aman di Rumah

Pada dasarnya kotoran telinga yang cenderung seperti lilin dapat sering terjadi dan menyebabkan saluran telinga benar-benar tersumbat. Dalam keadaan seperti ini Anda sebenarnya tidak disarankan untuk membersikannya sendiri dan harus segera berkonsultasi dengan dokter. Namun dalam kasusu ringan Anda mungkin dapat membersihkan telinga yang ada sumbatan dengan cara berikut :

  • Langkah pertama : Alirkan  air hangat atau larutan garam ke dalam saluran telinga Anda (Anda dapat menggunakan kit irigasi telinga untuk itu). Setelah beberapa menit, air hangat akan melunakkan kotoran telinga, sehingga dapat mengalir melalui telinga luar. Salah satu cara sederhana untuk melakukan ini adalah dengan membiarkan sedikit air hangat mengalir ke saluran telinga saat mandi. Saran ini harus diikuti hanya jika Anda 100% yakin Anda tidak memiliki infeksi atau perforasi di gendang telinga Anda.
  • Langkah kedua : Oleskan lubang telinga dengan cairan dengan sangat lembut dengan kain bersih. Hati-hati saat menggunakan air hangat. Suhu air tidak boleh panas, Sesuatu yang perlu diingat: Anda dapat membantu kotoran telinga  keluar dari saluran telinga dengan gerakan mengunyah dan menggerakkan rahang Anda.

Intinya, Jika masalah Anda tidak serius, tetapi Anda merasa memiliki terlalu banyak kotoran telinga, Anda dapat membersihkan bagian luar telinga dengan lembut. Cukup gunakan waslap. Anda juga dapat mencoba meletakkan beberapa tetes baby oil, minyak mineral, atau gliserin di telinga Anda untuk melembutkan kotoran tersebut . Selain menggunakan prosedur tersebut, jangan gunakan beberapa bahan ini di rumah untuk membersihkan telinga Anda :

  • Hidrogen peroksida. Jika masalahnya bukan penumpukan kotoran telinga, tetapi sesuatu yang lebih serius, peroksida dapat membuat masalahnya jauh lebih buruk.  
  • Lilin telinga. Lilin akan dimasukkan ke dalam saluran telinga dan dinyalakan di ujung yang terbuka. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) telah menemukan bahwa metode ini dapat menyebabkan luka bakar dan bahkan menembus bagian dalam telinga. (RA/PP)

Referensi :