Cara Mengatasi Kecanduan Makanan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

130

Ternyata tidak hanya obat-obatan terlarang saja yang dapat menyebabkan kecanduan, makanan pun dapat menyebabkan Anda mengalami kecanduan. Kecanduan makanan bisa dialami oleh siapa saja. Beberapa hal yang memengaruhi kondisi tersebut adalah adanya hasrat tak terbendung, kelainan tubuh tertentu, hingga kandungan pada makanan tersebut yang pada dasarnya adiktif.

Beberapa makanan seperti junk food, misalnya, dapat merangsang sistem di otak dengan cara yang sama seperti kokain, sehingga bagi orang-orang tertentu, makanan junk food dapat menyebabkan kecanduan layaknya pengguna narkotika.

Tanda-tanda kecanduan makanan:

  • Makan lebih banyak daripada yang direncanakan
  • Terus mengonsumsi makanan tertentu bahkan saat tidak lapar lagi
  • Makan terus-menerus hingga merasa sakit
  • Cemas atau khawatir bila tidak mengonsumsi atau mengurangi porsi makanan tertentu
  • Mengalami gangguan dalam belajar atau bekerja karena makanan dan makan

Beberapa cara ini dapat membantu mengatasi kecanduan makanan yang dialami:

  1. Minum air putih

Tubuh dapat salah menafsirkan sinyal dari otak. Apa yang Anda artikan sebagai lapar bisa saja hanyalah haus. Minum air putih akan menekan hasrat mencandu makanan, terutama jika Anda sebenarnya cuma haus. Selain itu, minum lebih banyak air juga dapat membantu orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa peserta yang minum air putih memiliki lemak tubuh lebih sedikit dan pengurangan nafsu makan yang signifikan daripada peserta yang tidak minum air putih. Jadi ketika hasrat makan menyerang, cobalah minum segelas besar air putih dan tunggu beberapa menit. Jika keinginan itu hilang, tubuh mungkin hanya merasa haus.

  1. Olahraga

Tahun 2015 para peneliti mempublikasikan hasil penelitian mengenai efek olahraga pada penderita kelebihan berat badan serta kecanduan cokelat. Ditemukan hasil bahwa olahraga selama 15 menit lebih efektif mengurangi rasa lapar daripada hanya duduk pasif. Jika kecanduan makanan menyerang, sisihkanlah waktu untuk berjalan kaki sebentar atau naik-turun tangga.

  1. Kelola stres

Stres bisa jadi penyebab dari kecanduan makanan yang Anda alami. Cara sederhana untuk mengurangi stres adalah istirahat teratur atau mengambil beberapa napas dalam-dalam saat menghadapi banyak hal. Kiat ini dapat membantu tubuh untuk kembali fokus dan menenangkan pikiran. Sejumlah kegiatan yang juga dapat menurunkan stres adalah latihan pernapasan, meditasi, dan yoga.

  1. Makan lebih banyak protein

Menurut temuan yang diterbitkan dalam jurnal obesity, terjadi penurunan kecanduan makanan yang signifikan pada pria overweight yang meningkatkan asupan protein 25% dari total asupan kalori. Protein sangat membantu saat sarapan. Disebutkan bahwa sarapan akan membuat orang lebih dapat menahan kecanduan makanan manis atau gurih. Mereka yang sarapan dengan kandungan protein tinggi pun lebih sedikit mengidam makanan gurih.

Atasi kecanduan makanan dengan beberapa cara diatas. Konsultasikan kepada dokter jika hasrat makan Anda sulit dikontrol demi mendapatkan penanganan yang lebih baik. Bicarakan juga apakah Anda perlu untuk membuat diet plan yang sehat untuk jangka panjang. (REG)

Daftar Pustaka

  1. Seymour T. Food addiction: what to know. 2017. Available at https://www.medicalnewstoday.com/articles/319670.php
  2. Goldberg J. Break your food addictions. 2018. Available at

https://www.webmd.com/food-recipes/features/breaking-food-adictions#1


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store