Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

156

Mungkin anak Anda sering mengalami sulit buang air besar. Berikut adalah cara untuk mengatasi sembelit pada anak Anda

Sembelit/ konstipasi adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh anak. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak sekitar 30 persen. Apabila anak Anda buang air besar tidak normal atau berbeda dengan jadwal buang air besar yang biasanya. Bayi Anda mungkin buang air besar setiap habis makan, atau dia mungkin menunggu satu hari atau lebih untuk buang air besar.

Pola buang air besar setiap anak tergantung pada apa yang ia makan dan minum, seberapa aktif anak Anda, dan seberapa cepat anak Anda mampu mencerna makanan dan kemudian buang air besar. Namun dengan latihan, Anda akan dapat mengarahkan pada pola buang air besar yang baik.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengatasi sembelit:

  • Pijat perut bayi Anda. Tekan dengan tiga jari di bawah pusarnya dan lakukan penekanan yang lembut dengan menggunakan ujung jari Anda. Tekan sampai Anda merasakan ada suatu benjolan. Lakukan penekanan yang lembut namun konstan sekitar tiga menit.
  • Apabila bayi Anda makan atau minum susu formula, tanyakan kepada dokter untuk mengganti dengan merek yang berbeda.  Biasanya bayi kurang mengalami sembelit apabila mengkonsumsi susu formula kedelai.
  • Apabila anak Anda sudah dapat mengkonsumsi makanan padat. Anda boleh mencoba sedikit jus apel atau beberapa sendok buah plum, alpukat atau pir untuk membantu melancarkan buang air besar.
  • Tanyakan pada dokter Anda bagaimana pengobatan yang tepat untuk anak Anda. Biasanya dokter akan memberikan obat melalui anus. Obat tersebut akan merangsang saluran pencernaan agar berkontraksi dan membantu buang air besar atau membuat kotoran menjadi lebih lunak. Namun pengobatan ini sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus, Anda harus melatih agar anak Anda dapat buang besar secara teratur.
  • Anda juga bisa membantu memasukkan sabun batangan yang Anda hancurkan melalui anus untuk membantu melicinkan daerah sekitar anus dan melancarkan kotoran mudah keluar.

Sumber: babycenter