CARA MENGECILKAN PIPI

12

Tren dan standar kecantikan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Pipi menjadi salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan dianggap menjadi ukuran seseorang bertambah gemuk atau menjadi lebih kurus. Saat ini, salah satu standar kecantikan yang sedang menjadi tren adalah wajah tirus. Bentuk wajah yang tirus diminati banyak orang karena dianggap dapat memberi kesan bahwa tubuh terlihat lebih fit dan ramping.

Mengecilkan pipi agar wajah tampak lebih tirus dapat dilakukan dengan cara alami maupun operasi. Masing-masing metode tentunya memiliki manfaat dan risiko tersendiri. Tindakan medis untuk mengecilkan pipi antara lain:

  • Sedot lemak atau liposuction, dilakukan dengan mengangkat lemak dari pipi. Metode ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan ke area pipi untuk menghancurkan lemak, lalu mengisap lemak keluar. Cara ini tergolong efektif dan proses penyembuhannya relatif cepat. Sebagaimana metode lain, sedot lemak berisiko mendatangkan efek samping, seperti bekas luka, bengkak, rasa tidak nyaman, dan rasa perih setelah prosedur. Efek ini umumnya akan mereda setelah seminggu. Prosedur ini umumnya lebih cocok dilakukan pada mereka yang berkulit elastis.
  • Mesoterapi, merupakan teknik memasukkan obat tertentu ke dalam lapisan kulit menggunakan jarum khusus berukuran kecil. Teknik ini dapat mengikis lemak di berbagai area tubuh, mulai dari perut, paha, pantat, pinggul, kaki, lengan, wajah, termasuk pipi, dengan memasukkan bahan penghancur lemak.
  • Buccal fat removal, merupakan tindakan operasi yang dilakukan dengan mengangkat jaringan lemak di sekitar mulut. Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter bedah plastik berpengalaman.

Namun, ada beberapa cara yang alami untuk mengecilkan pipi, diantaranya:

  • Menurunkan berat badan. Penyebab utama pipi yang terlalu berisi bisa jadi adalah berat badan yang berlebih. Untuk itu bagi yang ingin mengecilkan pipi, menurunkan kelebihan berat badan dengan cara yang sehat dapat menjadi pilihan. Hal ini bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur, mengubah pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.
  • Menggunakan kosmetik atau make-up dan mengubah gaya rambut.
  • Mengurangi asupan garam dan memperbanyak minum air.
  • Mencukupi waktu tidur. National Sleep Foundation (NSF) menyatakan bahwa kurang tidur mempengaruhi kadar hormon tertentu yang meningkatkan rasa lapar dan kenyang. Secara khusus, kurang tidur tampaknya meningkatkan kadar hormon ghrelin, yang merangsang nafsu makan, dan menurunkan kadar hormon leptin, yang memberi tahu tubuh bahwa perut sudah penuh.
  • Minum cukup. Minum segelas air sebelum makan dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang, yang dapat membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi seseorang. Karena alasan ini, minum air sebelum makan dapat menyebabkan penurunan berat badan secara bertahap. Menurut penelitian, konsumsi air juga memengaruhi proses lipolisis. Lipolisis terjadi ketika tubuh memecah simpanan lemak menjadi asam lemak yang dapat digunakan sebagai energi. Memanfaatkan simpanan lemak ini adalah kunci untuk menurunkan berat badan.

Cara terbaik untuk mengecilkan pipi adalah dengan mempertahankan berat badan yang sehat secara umum. Untuk dapat mencapai ini, maka pertahankan pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan dapatkan waktu tidur yang cukup. (PK/PAY)

Referensi:

  • American Society of Plastic Surgery. Buccal Fat Removal.
  • Healthline. 7 Effective Tips to Lose Fat in Your Face. 2018
  • UK Health Centre. Alternatives to Buccal Fat Removal. 2019
  • Medical News Today. What to do to reduce facial fat. 2019