Cara Menghilangkan Kantung Mata

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

173

Keberadaan kantung dan lingkaran hitam di bawah mata ini memang bisa mengganggu penampilan, terutama bagi para wanita. Pasalnya kantung mata ini cukup mengganggu penampilan sehingga membuat wajah menjadi lebih tua dan tampak kurang segar.

Kantung mata atau dikenal juga dengan istilah mata panda kerap timbul seiring bertambahnya usia. Ketika jaringan dan otot yang menopang kelopak mata melemah. Umumnya hanya masalah kecantikan atau penampilan semata, dan jarang disebabkan oleh kondisi medis yang serius.  Penuaan, kelelahan, hingga kurang tidur menjadi penyebab utama masalah kantung mata dan lingkaran hitam di mata Anda.

Kantung mata dan lingkar hitam dibawah mata sering kali sulit dihilangkan, kecuali disamarkan dengan sedikit polesan make up dibawah mata. Namun cara ini tentu tidak benar-benar menghilangkannya. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kantung mata yaitu :

  1. Kompres mata dengan air dingin atau irisan timun. Kompres mata Anda dengan lap bersih yang telah dibasahi dengan air dingin. Kompres mata selama beberapa menit dengan sedikit memberi tekanan pada mata Anda. Selain itu, mengompres mata dengan irisan timun juga dapat membantu karena timun mengandung zat pencerah alami yang bisa membantu mencerahkan kulit sehingga lingkar hitam dibawah mata bisa tersamarkan.
  2. Posisi tidur dengan kepala sedikit terangkat akan membantu mengatasi masalah kantung mata Anda. Tidurlah dengan bantal tambahan untuk menopang kepala. Cara menghilangkan kantung mata ini membantu mencegah cairan menumpuk di sekitar mata saat Anda tidur.3
  3. Tidur yang cukup. Tidur delapan jam sehari akan mengurangi risiko kantung mata yang membesar sekaligus membuat Anda terhindar dari stres.
  4. Perbanyak minum air putih, untuk mejaga agar kulit Anda tetap lembab dan mencegah agar tidak mudah terbentuk kantung mata.
  5. Gunakan krim mata yang mengandung chamomile, mentimun, atau arnica yang berkhasiat membantu mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.
  6. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan agar kulit tetap sehat, tidak kering dan tidak mudah kendur.
  7. Terapi atau perawatan. Ada terapi yang dapat dicoba seperti laser resurfacing, peeling, dan filler dengan bahan kimia. Terapi ini mampu mengubah permukaan kulit wajah Anda.
  8. Operasi kelopak mata atau blepharoplasty. Operasi ini dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan kantung mata. Hasilnya memang lebih cepat dibanding pilihan yang ada di atas, namun harganya lebih mahal dan prosesnya invasif karena melibatkan operasi. Pada prosesnya, dokter akan menghilangkan lemak dan kulit yang kendur bada bagian bawah mata. Selalu ada risiko yang ditimbulkan, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter tentang manfaat dan risiko dari prosedur ini.

Masalah kantung mata dan lingkaran hitam umumnya bukan pertanda kondisi medis yang serius. Namun, Anda harus menghubungi dokter jika mengalami iritasi mata dan mata bengkak yang parah dan berlangsung cukup lama. (RH)

Daftar Pustaka

  1. Watson S. 2013. 5 Solutions for Dark Circles. Available at https://www.webmd.com/beauty/features/dark-circles
  2. Cobb C, DNP, APRN. 2018. What Causes Dark Circles Under Your Eyes. Available at https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store