Cara Mudah Mengendalikan Rasa Lapar Anda!

272

Inti dari mindful eating adalah belajar untuk membedakan rasa lapar yang disebabkan oleh keperluan tubuh akan energi dengan rasa lapar yang disebabkan oleh berbagai hal lainnya seperti emosi, lingkungan, atau sosial.

Cara menggunakan meditasi untuk mengendalikan keinginan untuk makan secara berlebihan adaah dengan mendengarkan sinyal lapar dari tubuh Anda dan bukannya hanya mengabaikan rasa lapar tersebut.

Untuk melatih kemampuan Anda membedakan rasa lapar yang sebenarnya dan rasa lapar yang palsu, maka Anda pun harus mencari tahu apa yang biasanya memicu timbulnya keinginan Anda untuk mengemil atau makan. Beberapa hal yang biasanya menjadi pemicu makan adalah rasa bosan, rasa cemas, dan stress.

Di bawah ini terdapat beberapa langkah meditasi yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah rasa lapar yang Anda rasakan benar merupakan rasa lapar atau bukan, yaitu:

  • Duduklah di atas sebuah kursi dengan posisi tegak dan telapak kaki menapak di lantai. Fokuskan perhatian Anda pada pernapasan Anda. Anda juga dapat menutup mata Anda jika perlu
  • Fokuskan perhatian Anda pada pernapasan Anda, baik saat Anda menarik maupun menghembuskan napas, kemudian tentukanlah seberapa lapar Anda (menggunakan skala 0-10, di mana 0 berarti tidak lapar dan 10 berarti sangat lapar)
  • Setelah Anda memutuskan angka di atas, maka bertanyalah pada diri Anda sendiri apa sebenarnya yang menyebabkan Anda memilih angka tersebut
  • Kemudian kembali fokuskan pikiran Anda pada pernapasan Anda dan kembalilah ke dalam ruang kerja atau kamar tidur Anda, saat Anda sudah siap bukalah mata Anda

Ulangilah olahraga meditasi ini beberapa kali setiap harinya, yaitu sebelum makan, 2 jam setelah makan, dan 5 jam setelah makan; yang dapat membantu Anda menemukan seberapa laparnya diri Anda.

 

Sumber: fitbie