Cara Pemakaian Masker yang Benar

33

 Beberapa waktu terakhir ini kita digegerkan dengan masalah kesehatan yang mendunia yaitu infeksi Novel Corona Virus. Tidak hanya itu, marak juga beredar di media sosial mengenai  cara proteksi diri menggunakan masker wajah yang cenderung salah. Di mana  beberapa informasi beredar mengenai dua sisi masker yang memiliki fungsi yang berbeda dari segi warna. Hal ini perlu diluruskan sehingga tidak bersifat menyesatkan masyarakat.

Apa itu Masker Wajah ?

Masker wajah adalah salah satu alat yang digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Masker wajah pada umumnya berupa penutup yang melindungi hidung, mulut, dan memiliki simpul atau ikatan telinga di bagian belakang kepala. Ada banyak merek berbeda dan berbagai warna. Penting untuk menggunakan masker wajah yang disetujui oleh FDA.

Apa Fungsi Masker Wajah ?

Masker membantu membatasi penyebaran kuman. penyebaran kuman. Ketika seseorang berbicara, batuk, atau bersin mereka mungkin melepaskan percikan lendir ke udara yang dapat menginfeksi orang lain. Jika seseorang sakit, masker wajah dapat mengurangi jumlah kuman yang dilepaskan oleh pemakainya dan dapat melindungi orang lain dari sakit. Masker wajah juga melindungi hidung dan mulut pemakai dari percikan atau semprotan cairan tubuh.

Kapan sebaiknya Masker Wajah Dipakai?

Pertimbangkan untuk mengenakan masker saat Anda sakit batuk atau bersin (dengan atau tanpa demam) dan Anda berharap berada di sekitar orang lain. Masker wajah akan membantu melindungi mereka dari penyakit Anda. Jika berada di areal pelayanan kesehatan pada umumnya di sana  memiliki aturan khusus untuk kapan orang harus memakai masker wajah. Masker bedah diwarnai pada Satu sisi  untuk memudahkan staf medis untuk mengetahui sisi mana yang wajah. Apakah mereka berwarna biru, hijau atau merah muda, SISI BERWARNA dimaksudkan untuk sisi yang luar.

Lapisan Masker

Masker yang pada umumnya digunakan adalah masker 3 lapis yang memiliki tiga lapisan :

  • Lapisan luar yang bersifat hidrofobik, yang menolak air, darah dan cairan tubuh
  • Lapisan filter tengah yang dirancang untung menyaring bakteri dan
  • Lapisan hidrofilik bagian dalam yang menyerap air, keringat dan ludah

Cara Pemakaian Masker yang Benar

Walaupun terlihat mudah, pemakaian masker tidak boleh sembarangan. Berikut cara memakai masker hidung dalam hal ini masker bedah yang benar :

  • Pastikan ukuran masker pas dengan wajah Anda, tidak kebesaran atau kekecilan.
  • Selalu cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, sebelum menyentuh masker dan memasangnya.
  • Cari sisi luar masker. Jika masker Anda memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka, sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit Anda sementara lapisan hijau menghadap ke luar.
  • Tentukan sisi atas masker, biasanya ditandai dengan adanya garis kawat hidung.
  • Untuk masker yang menggunakan tali: posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun-ubun. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher Anda.
  • Untuk masker karet: Anda hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga.
  • Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat.
  • Panjangkan lipatan-lipatan masker  kebawah untuk menutup semua bagian yang harus ditutup yakni hidung, mulut, hingga dagu.
  • Setelah masker terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker apalagi sebelum mencuci tangan.

Bagaimana cara melepaskan masker medis dengan tepat?

  • Sama halnya dengan menggunakan masker, sebelum melepaskan masker seharusnya cuci tangan lebih dahulu.
  • Saat melepas masker, hindari menyentuh bagian depan masker karena bagian itulah yang dipenuhi oleh kuman yang menempel dari luar. Hanya sentuh bagian tali atau karet pengaitnya.
  • Untuk melepaskan masker karet, pegang kedua karet yang menempel di telinga, lepaskan dari telinga dan buang ke tempat sampah.
  • Untuk melepas masker tali, pertama buka tali bagian bawahnya, selanjutnya lepaskan tali bagian atas.
  • Langsung buang ke tempat sampah tanpa menyentuh bagian depan masker.
  • Setelah melepas masker dan membuangnya di tempat sampah, sebiaknya cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

Perlu diketahui bahwa untuk penggunaan masker ini bersifat sekali pakai dan tidak dapat dicuci. Jika masker sudah rusak atau terlihat kotor, segera ganti masker tersebut. (RA)

Referensi :