Cara sehat menurunkan kolesterol

137

Kolesterol adalah  sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya.  Kolesterol disebut juga steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus yang terdiri dari 4 atom karbon.

Kolesterol dapat dikategorikan menjadi dua yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik atau HDL justru sangat penting peranannya dalam tubuh terutama untuk membantu penyerapan asam lemak esensial dan juga memproduksi hormon-hormon seks. Namun, yang wajib dihindari ialah kolesterol jahat atau LDL yang dapat menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah yang kemudian bisa memicu timbulnya serangan jantung.

Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg.

 

Hiperkolesterolemia meningkatkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, stroke dan serangan jantung.

Gejala hiperkolesterolemia yang biasanya dialami :

-Hilangnya penglihatan secara mendadak

-Rasa pusing

-Gangguan keseimbangan

-Kelemahan anggota gerak

-Rasa kesemutan

-Nyeri dada, dada terasa seperti tertusuk-tusuk

-Nyeri saat berjalan

-Sesak nafas

-Jantung berdebar-debar

-Mual dan muntah

Penyebab terjadinya hiperkolesterol

-Pola makan yang tidak sehat

-Berat badan tinggi dan lingkar pinggang yang besar

-Tingkat aktivitas yang rendah

-Usia diatas 20 tahun

-Riwayat keluarga dengan hiperkolesterol

-Merokok

 

Bagaimana cara menurunkan kolesterol :

  • Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan total kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Ini tidak hanya meningkatkan kesehatan tetapi juga tampak merasa lebih baik.

  • Perhatikan makanan

Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dengan membatasi semua jenis lemak, termasuk lemak jenuh dan gantikan dengan lemak tak jenuh. Makanlah juga makanan yang rendah kolesterol. Kolesterol hanya ada pada produk hewani, sebagian besar pada jeroan (usus, babat, otak, limpa, dll), kuning telur, sea food (udang, cumi, kerang, kepiting), dan lemak hewani. Konsumsi tinggi kolesterol akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, jadi batasi penggunaan bahan makanan yang mengandung kolesterol rata-rata maksimal 250 mg per hari.

  • Makanlah lebih banyak serat

Serat banyak terdapat pada havermut, sereal, buah dan sayuran, kacang panjang, dan semua jenis kacang-kacangan dalam jumlah terbatas dapat membantu menetralisir kadar kolesterol dalam darah kita.

  • Kurangi minuman beralkohol

Terlalu banyak minum alkohol dapat lebih mudah meningkatkan berat badan kita.

  • Hentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah. Merokok dapat pula menurunkan kadar kolesterol HDL di dalam darah dan menurunkan perlindungan terhadap terjadinya ateroklerosis. Maka apabila Anda perokok, berhentilah mulai sekarang.

  • Olahraga rutin

Kurang berolahraga berhubungan langsung dengan rendahnya kadar kolesterol HDL. Lakukan olahraga secara rutin sedikitnya 30 – 45 menit per hari sebanyak 5 kali seminggu. Seperti jalan santai atau bersepeda.

  • Bantuan Obat-obatan

Jika kadar kolesterol kita sangat tinggi, mungkin dokter akan memberikan obat untuk segera menurunkan kolesteroll. Ingat, obat tidak bertujuan untuk mengubah pola hidup yang sehat.