Cara Tepat Atasi Sesak Napas Tanpa Obat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

142

Sesak napas atau dyspnea adalah kondisi tidak nyaman yang menyulitkan seseorang saat bernapas dikarenakan kurangnya pasokan udara yang masuk ke paru-paru. Sesak napas bisa menjadi tanda kondisi medis tertentu seperti gangguan pada paru-paru, asma, penyakit paru obstruktif kronis, kanker paru, gagal jantung, emboli paru dan efusi pleura.

Cara mengatasi sesak napas secara alami dan tanpa obat sebenarnya sangat mudah dilakukan. Perlu diingat, metode untuk mengatasi sesak napas ini bukanlah sebagai pengganti pengobatan utama untuk menangani penyakit yang mendasari keluhan sesak napas tetapi untuk membantu meringankan gejala saat sesak dirasakan. Jika sesak napas yang dialami bukan karena kondisi darurat medis, anda bisa mencoba beberapa langkah ini sebagai cara mengatasi sesak napas tanpa menggunakan obat-obatan:

  • Pursed-lip breathing

Merupakan teknik bernapas sebagai cara mengatasi sesak napas yang sederhana dan mudah dilakukan. Caranya dengan merelaksasikan otot leher dan bahu anda. Tutup mulut saat menghirup, dan ambil napas pelan-pelan melalui hidung dalam dua hitungan, dan buang napas perlahan melalui celah bibir atau mulut sampai hitungan keempat.

  • Duduk dengan posisi ke depan dan sedikit membungkuk

Duduklah di kursi dengan telapak kaki menapak lantai, condongkan dada sedikit ke depan, letakkan siku di lutut atau menahan dagu dengan tangan. Otot leher dan bahu harus tetap rileks.

  • Berdiri menyandar dinding

Berdiri dan bersandarlah pada dinding dengan menempelkan pinggul. Jaga agar kaki terbuka selebar bahu dan tangan berada disamping kedua paha. Santailah dan condongkan badan sedikit ke depan.

  • Berbaring santai

Cobalah bernapas sambil berbaring miring dengan bantal diantara kedua kaki dan kepala ditinggikan bertumpu pada bantal, usahakan punggung tetap lurus. Atau berbaring telentang dengan kepala ditinggikan beralaskan bantal dan lutut ditekuk dengan meletakkan bantal di bawah lutut.

  • Pernapasan diafragma

Duduk di kursi, lalu rilekskan lutut, bahu, kepala, dan leher. Letakan satu tangan didepan perut dan satu lagi di dada. Bernapaslah dengan perlahan melalui hidung, hingga tangan anda merasakan perut bergerak saat bernapas. Beri penekanan lebih pada embusan napas dibandingkan saat menghirupnya. Ulangi sekitar lima menit.

  • Pola hidup sehat

Berhentilah merokok atau hindari asap rokok, hindari paparan polusi udara, dan turunkan berat badan jika terlalu gemuk. Jaga pola makan dengan menu yang sehat dan tidur yang cukup.

Langkah mudah atasi sesak napas tersebut bisa anda lakukan di rumah. Apabila sesak napas disebabkan oleh penyakit penyerta atau gejala yang lebih berat maka biasanya kecil kemungkinan sesak napas bisa ditangani tanpa pengobatan, dengan kata lain penyakit penyerta yang mendasari munculnya gejala juga perlu diobati. Segeralah ke dokter atau unit gawat darurat jika mengalami sesak napas yang berkepanjangan atau sesak napas yang disertai demam, menggigil, batuk-batuk, kaki membengkak dan terasa dingin. (REG)

Referensi

  1. Luo EK. Dyspnea. Healthline. 2017
  2. Wilson DR. Home treatments for shortness of breath (dyspnea). Healthline. 2017

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store