Cegah Anemia Dengan Mengkonsumsi 10 Makanan Ini

137

Anemia merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi, terutama pada wanita. Anemia terjadi saat jumlah sel darah merah di dalam tubuh terlalu rendah dan kadar hemoglobin di dalam darah lebih rendah daripada normal. Sel darah merah dan hemoglobin merupakan 2 hal yang dibutuhkan untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh anda.

Berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya anemia adalah kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, kehilangan banyak darah, infeksi cacing pada usus dan lambung, dan menyusui.

Mengkonsumsi diet sehat dan seimbang dapat mencegah terjadinya anemia dan mencukupi kebutuhan nutrisi anda. Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia.

1.  Kedelai
Semua jenis kacang-kacangan merupakan sumber zat besi (jenis non heme) yang dapat membantu meningkatkan kadar zat besi anda bila diolah dengan benar. Kacang-kacangan mengandung asam fitat yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Cara terbaik untuk mengurangi kandungan asam fitat di dalamnya adalah dengan merendam kacang di dalam air hangat selama semalam sebelum memasaknya.
Kedelai merupakan jenis kacang yang mengandung zat besi paling tinggi. Selain itu, kedelai juga mengandung protein yang cukup tinggi dan rendah lemak yang dapat membantu mengatasi anemia.

2.  Roti Gandum
Gandum juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian anda. Walaupun gandum juga mengandung asam fitat, akan tetapi proses fermentasi saat pembuatan roti membuat kandungan asam fitat di dalamnya berkurang. Satu potong roti gandum telah dapat memenuhi sekitar 6% kebutuhan zat besi harian anda.

3.  Oatmeal
Oatmeal juga mengandung zat besi dan asam fitat. Belilah oatmeal yang telah diperkaya oleh zat besi. Menurut USDA Nutrient Database, segelas oatmeal yang telah diperkaya dengan zat besi dapat memenuhi sekitar 60% kebutuhan zat besi harian anda. Selain itu, oatmeal yang diperkaya oleh zat besi biasanya juga mengandung vitamin B12 dan vitamin B lainnya.

4.  Daging Merah
Daging merah seperti daging sapi dan daging babi juga mengandung zat besi (jenis heme) yang lebih mudah diserap oleh tubuh daripada zat besi yang terdapat pada tumbuhan (jenis non heme). Hati hewan merupakan salah satu sumber terbaik untuk meningkatkan kadar zat besi dan vitamin B di dalam tubuh anda. Menurut USDA, hati sapi dapat memenuhi lebih dari 600% kebutuhan zat besi dan vitamin B12 harian anda.

5.  Telur
Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak antioksidan dan protein seperti telor dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin yang hilang akibat anemia. Satu butir telur besar mengandung sekitar 1 mg zat besi yang dapat memenuhi sekitar 7% kebutuhan zat besi harian pada wanita dan 11% kebutuhan zat besi harian pada pria.
Penyerapan zat besi meningkat bila disertai dengan konsumsi asam askorbat (vitamin C), oleh karena itu konsumsilah telur anda bersama dengan segelas jus jeruk. Mengkonsumsi telur secara teratur juga baik bagi kesehatan tulang dan persendian anda.

6.  Selai Kacang
Dua sendok makan selai kacang mengandung 0.6 mg zat besi. Pria dewasa membutuhkan sekitar 8 mg zat besi setiap harinya dan wanita dewasa membutuhkan sekitar 18 mg zat besi setiap harinya.

7.  Bayam
Sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan sumber zat besi dan vitamin C. Selain itu, bayam juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B9, vitamin C, vitamin E, kalsium, dan beta karoten.

Setengah gelas bayam rebus mengandung 3.2 mg zat besi. Berbagai sayuran berdaun hijau lainnya yang juga bermanfaat bagi penderita anemia adalah selada, seledri, brokoli, dan selada air.

8.  Tomat
Tomat mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Konsumsilah segelas jus tomat segar setidaknya satu kali sehari. Hindari konsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi yang dapat mengganggu penyerapan zat besi. Selain itu, tomat juga mengandung beta karoten dan vitamin E yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut anda.

9.  Buah Delima
Buah delima mengandung vitamin C, zat besi, vitamin A, vitamin E, serat, dan kalium. Buah delima dapat membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh anda dan mengurangi berbagai gejala anemia.

10.  Bit
Kandungan nutrisi dan zat besi di dalam bit dapat membantu mengembalikan dan mengaktifkan kembali sel darah merah, sehingga dapat meningkatkan suplai oksigen bagi seluruh tubuh anda.

Sumber: top10homeremedies