CEGAH BERAT BADAN NAIK USAI BERPUASA

40

Saat bulan puasa, umat muslim diwajibkan untuk menahan makan dan minum selama sebulan, sehingga terjadinya perubahan gaya hidup, mulai dari pola makan, pola tidur, dan aktivitas sehari-hari. Setelah puasa usai, mungkin Anda akan menjadi sulit menahan diri untuk tidak makan banyak, apalagi dengan melihat kelezatan menu-menu khas lebaran, tentu makin membuat Anda ingin makan lebih banyak lagi. Hal ini akan membuat Anda tidak memperhatikan apa saja dan sudah berapa banyak makanan yang disantap. Menu khas lebaran umumnya adalah makanan yang tinggi gula dan lemak, sehingga membuat kalori yang masuk ke tubuh menjadi berlebihan.

Agar berat badan tetap terjaga setelah berpuasa, pastikan kalori yang masuk ke tubuh sama dengan kalori yang dikeluarkan. Berikut ini tips untuk mencegah berat badan naik usai berpuasa, yaitu:

  1. Berhenti makan sebelum kenyang

Kenali rasa kenyang Anda, dengan makan secukupnya. Jangan membuat perut terlalu penuh karena hal ini akan membuat Anda menjadi malas bergerak. Makanlah secara perlahan dan kunyahlah makanan secara menyeluruh. Hal ini dapat membantu mengenali rasa kenyang dengan lebih baik, sehingga Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

  • Jaga porsi makan

Usai berpuasa, sebaiknya tetap perhatikan porsi makan Anda, jangan terlalu berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, Anda mungkin bisa makan di piring yang kecil untuk membatasi porsi makan. Karena orang akan cenderung mengambil porsi yang banyak dengan piring besar, sehingga membuat Anda makan berlebihan.

  • Perhatikan jenis makanan

Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Karena memasuki hari lebaran, orang cenderung akan lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak dibandingkan makanan berserat. Karena itu, seimbangkan jenis makanan yang dimakan. Perbanyak makan sayur dan buah, karena serat yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kenaikan berat badan.

  • Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena orang yang tidak tidur cukup cenderung lapar, mengonsumsi lebih banyak kalori dan kurang melakukan aktivitas. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar hormon lapar, yang akhirnya menyebabkan asupan kalori menjadi lebih tinggi. Karena itu, penting untuk menjaga tidur yang berkualitas selama libur setelah usai berpuasa.

  • Kelola stres

Orang yang sedang stres memiliki kadar kortisol tinggi, yaitu hormon yang dilepaskan sebagai respon terhadap stres. Kadar kortisol tinggi dapat menyebabkan berat badan naik karena dikaitkan dengan asupan makanan yang lebih besar. Selain itu, gaya hidup yang penuh tekanan dapat menyebabkan hasrat lebih banyak untuk konsumsi junk food.

  • Tetap bergerak

Kurang bergerak dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama jika sambil makan makanan dalam jumlah berlebihan. Dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga, Anda bisa mengimbangi kalori yang masuk ke tubuh sehingga berat badan lebih bisa dikendalikan. (RD)

Sumber:

  1. 20 Tips to Avoid Weight Gain During the Holidays. 2019. Available at https://www.healthline.com/nutrition/tips-to-avoid-holiday-weight-gain
  2. 10 Ways To Avoid Holiday Weight Gain Without Swearing Off Your Favorite Treats. 2014. Available at https://www.prevention.com/weight-loss/weight-loss-tips/how-prevent-holiday-weight-gain